Cara Membuat Rak Dinding dari Triplek Supaya Melayang

Cara membuat rak dinding dari triplek biasa dilakukan banyak orang, mengingat triplek termasuk bahan yang mudah didapat juga terjangkau dari segi harga. Tapi, tidak semua orang paham bagaimana membuat triplek dibentuk sedemikian rupa. Artikel ini akan membantu anda dalam langkah-langkah bagaimana membuat rak dinding simpel dari triplek, terlebih bagi anda yang masih pemula. Simak sampai akhir ya!

Rak memang salah satu furniture yang sangat berguna dipakai dirumah, apalagi untuk menyimpan beberapa barang seperti piagam maupun barang-barang kecil lainnya.

Furniture rak memang sedikit mahal, apalagi untuk tipe-tipe tertentu. Anda perlu mempersiapkan budget untuk membawanya pulang. Nah, ada cara lain lho supaya tidak terlalu mahal. tepat sekali, anda dapat membuatnya sendiri.

Cara membuat rak dinding dari triplek dapat dipilih, mengingat bahan triplek juga mudah untuk didapat serta dengan harga yang terjangkau.

Membuat rak dinding dari triplek secara DIY (do it yourself) juga dapat mengasah kreatifitas lho, anda dapat membuat bagaimanapun bentuknya.

Tapi, untuk anda yang masih pemula, pembuatan rak dinding dapat dilakukan secara simpel saja. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Membuat Rak Dinding Sendiri

cara membuat rak dinding dari triplek
via: the container store

1. Buat Pola Rak Dinding

Caranya adalah dengan bahan triplek tadi dipotong-potong membentuk pola rak, pakai saja pola persegi panjang supaya lebih mudah. Perhatikan untuk bagian ini, karena cara membuat rak dinding dari triplek pada proses ini akan menentukan kerapian rak anda

Potong menjadi 3 bagian

Dua bagian untuk permukaan atas atas bawah

Bagian atas bawah dimaksudkan untuk membuat sisi permukaan dan juga sebagai penutup bagian bawah agar terlihat rapi. Untuk ukurannya sendiri bisa anda sesuaikan. Berikut ini ukuran yang bisa anda ikuti.

Misalnya, potong triplek menjadi persegi panjang berukuran panjang (menyesuaikan) dan lebar paling tidak adalah 13 cm supaya tidak terlalu sempit.

satu bagian untuk depan

bagian ini untuk dipakai menutupi area depan rak, supaya terlihat lebih rapi dan juga indah dilihat.

dua bagian untuk samping rak

pemakaian dipakai untuk bagian samping rak, ukuran pada bagian ini mengikuti ukuran lebar dari pola yang anda bentuk tadi supaya pas dan sejajar.

2. Gunakan Balok Sebagai Tulang

Balok ini dipakai untuk tulang dari rak, maksudnya adalah sebagai unsur penguat ketika nanti rak dinding dipasang. cara membuatnya pun mudah, anda hanya tinggal memaku 2 balok kayu pada masing – masing sudut pola triplek, berada di bagian paling pinggir.

Setelahnya, satukan pola papan triplek tadi dengan tulang dengan paku supaya lebih kuat.

Baca Juga  Mendesain Ruang Makan yang Multifungsi sebagai Ruang Keluarga

3. Rangkai menjadi rak dinding

Baiklah, kita sudah memasuki tahap merangkai menjadi bentuk rak dinding.

Sekarang saatnya anda rangkai potongan pola-pola triplek tadi menjadi rak, pun dengan tulang rak (balok) yang terdapat didalamnya.

Pastikan area belakang bolong agar pemakaian penyangga pada dinding dapat dipasangkan. setelah rak jadi, maka tampilannya adalah seperti ini:

tampilan rak dinding
via: hometalk.com

Bagaimana cara rak terlihat melayang?

Nah, sebenarnya rak tidak lah melayang, namun hanya memakai trik sehingga terlihat melayang pada pengaplikasiannya. Pada bagian cara membuat rak dinding dari triplek inilah yang membuatnya tampak melayang

4. Pasang penyangga ke dinding

penyangga dipasang ke dinding sebelum rak mulai dipasang. anda bisa membuat penyangga tersebut dari sisa balok kayu yang tidak terpakai tadi

Penyangga dibuat dulu sebelum dipasang ke dinding. Anda dapat membuat penyangga dengan memotong balok sesuai ukuran lebar dari pola rak dinding (tadi memakai ukuran lebar 3 cm).

Anda bisa memasang 3 balok penyangga sebagai cara membuat rak dinding dari triplek, supaya kekuatan rak lebih kokoh ketika ditaruh barang-barang yang sedikit berat.

5. Sempurnakan dengan cat kayu

Supaya terlihat lebih berkelas, anda dapat menambahkan cat menyesuaikan dengan warna tema yang akan anda pakai.

Gunakan jenis cat kayu, karena bahan material yang anda pakai untuk rak dinding terbuat dari triplek

Ataupun, pakai saja plitur kayu supaya triplek terlihat lebih mengkilap dan juga menarik. Setelah semua langkah-langkah tadi anda kerjakan, maka kurang lebih akan terlihat seperti ini

Baca Juga  Bagaimana Membuat Lantai Semen Yang Halus dan Mengkilap?
hiasan dinding dari kayu rak

Tinggal tambah saja beberapa hiasan dinding ataupun bisa juga berupa tanaman-tanaman dalam pot kecil. Selain indah, ini memberikan kesejukan untuk ruangan anda bukan?

Mudah bukan? Itu tadi 5 cara membuat rak dinding dari triplek yang simpel dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Jadi, anda tidak perlu membeli. Semoga bermanfaat ya!

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini