Tips & Trick

5 Menit Cek Perbedaan Ubin dan Keramik

Tanpa sadar, ternyata ada perbedaan ubin dan keramik dilihat dari beberapa aspek. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ubin porselen dan keramik sudah jadi bagian dari sebuah rumah sedari dulu hingga kini.

Dan tanpa disadari, orang sering kali menyebut ubin dan keramik adalah 1 material atau istilah yang sama. Padahal, kenyataannya adalah bahwa ini 2 produk yang berbeda, meskipun memang memiliki kemiripan.

Lalu, apa saja perbedaannya? Ini 5 cara yang bisa anda terapkan, bahkan bedakan hanya dilihat dari kasat mata saja tidak sampai 5 menit untuk mengetahui.

Lihat Tampilan Fisik

perbedaan ubin dan keramik
Photo: Gold Coast Tile Cleaning

Secara fisik tampilan permukaan ada perbedaan ubin dan keramik bisa dilihat dari segi tampilan. Perhatikan bahwa keramik memiliki tampilan dan warna lebih solid.

Sementara ubin cenderung punya tampilan, warna hingga pola yang beragam.

Cek Dari Kekuatan

Perbedaan ubin dan keramik bisa juga dilihat dari segi kekuatan.

Ketika anda berkunjung ke 2 buah tempat yang masing-masing menggunakan ubin porselen dan keramik yang berbeda, ubin porselen mungkin punya ketahanan lebih awet.

Hal ini karena, ubin porselen dibuat memakai teknik pressing juga material tanah liat putih. Ini membuatnya lebih padat dan tahan lama. Ini berbeda dengan keramik yang mana dari kekuatan masih ada dibawah ubin, yang mana lebih mudah retak dan keropos.

Baca Juga  7 Perbedaan Vinyl dan SPC Wajib Diketahui
bedanya ubin dengan keramik
Photo: Pinterest

Tingkat Kesulitan Memotong

Yang berjenis keramik lebih mudah dipotong, bahkan hanya dengan pemotongan manual. Anda bisa memotong menggunakan gergaji manual ataupun snap pemotong ubin.

Sedangkan yang berjenis ubin cenderung sulit dipotong mengingat padatnya dan kekuatan material, mungkin memerlukan jasa jika anda tidak ingin terjebak kesulitan disini.

Harga

qhomemart pusat belanja terlengkap

Karena memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, ubin porselen punya harga lebih mahal. Ubin porselen tahan terhadap es atau air, tentu tidak akan masalah jika ubin ditempatkan untuk area outdoor karena memang punya ketahanan yang baik. Inilah salah satu sebeb yang membuat ubin lebih mahal daripada keramik.

Nah, mudah bukan untuk tahu perbedaan ubin dan keramik? Anda bisa mengetahui lebih dalam karakternya dengan mengikut artikel-artikel tentang ini di Blog Qhomemart.

Belanja material ubin dan keramik untuk lantai bisa banget di supermarket bangunan Qhomemart, ada banyak varian dan harganya murah. Lihat catalognya DISINI. Chat whatsapp untuk beli 0811-2863-773

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini