Shop

5 Perbedaan Vinyl dan Parket Yang Perlu Anda Tahu

Perbedaan vinyl dan parket terutama ada pada material dasar yang dipakai. Parket menggunakan kayu asli sementara vinyl memakai sintesis pvc. Masih ada beberapa bagian penting yang membedakan, temukan perbedaannya di artikel ini.

Lantai keramik mungkin terbilang lantai yang pasaran. Sudah banyak orang menggunakan ini untuk hunian atau hal lain.

Orang-orang kini beralih ke jenis lantai lain, yakni lantai vinyl hingga lantai parket. Meski berbeda, orang masih banyak menganggap bahwa ini merupakan satu jenis lantai yang sama.

Padahal ada beberapa perbedaan vinyl dan parket lho, selain yang sudah disebut kan pertama. Apa saja ya bedanya?

Ragam Motif dan Corak

lantai vinyl lebih bervariasi
Foto: hardwooddesigncenter.net

Variasi ragam motif dari vinyl lebih banyak daripada parket, lantas inilah perbedaan vinyl dan parket yang cukup signifikan. Motif Vinyl cukup beragam, tidak terbatas motifnya hanya seputar kayu saja.

Sementara parket karena dibuat terdapat material kayu di dalamnya, maka motifnya tidak jauh-jauh dari tema kayu sesuai jenis yang digunakan.

Segi Harga

Secara umum, vinyl memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang parket. Kenapa? hal itu tidak lain karena parket dibuat menggunakan kayu asli, untuk itulah harganya lebih mahal.

Anda dapat memilih kedua jenis material vinyl maupun kayu dengan menyesuaikan budget yang dianggarkan.

Baca Juga  12 Produk Cat Jotun Exterior Untuk Perlindungan Mumpuni

Material

Perbedaan vinyl dan parket juga dilihat dari segi material lantai pembuatnya. Parket menggunakan bahan kayu asli, sementara vinyl dibuat dari bahan sintetis PVC (polivinyl chloride).

Material dari PVC memiliki isu masalah kesehatan, karenanya parket lebih baik dari segi kesehatan karena menggunakan material kayu asli.

Perawatan

perbedaan vinyl dan parket
Begini gambar lantai parket dari dekat. Foto: originaloakflooring.com

Vinyl punya perawatan yang cenderung mudah, anda hanya tinggal menyapu permukaan lantai hingga bersih. JIka ingin lebih bersih perawatannya, anda bisa mulai mengepel agar hasilnya lebih maksimal.

Sedangkan parket, anda perlu berhati-hati membersihkannya karena dapat mengurangi ambiencenya ketika salah perawatan.

Kekuatan & Daya Tahan

Lantai parket cenderung punya tingkat kekokohan lebih tinggi daripada vinyl. Itu karena parket dibuat dari bahan kayu asli, sehingga lebih kuat untuk segala macam aktivitas.

Namun lantai parket beresiko di makan rayap mengingat materialnya yang dibuat dari kayu asli. Jika sering kena air, parket bisa saja membusuk.

Sedangkan vinyl mudah sobek dan patah ketika terkena senjata tajam. Namun vinyl punya keunggulan dari bahan pvc yang elastis, tahan air sehingga bisa dipakai di dalam atau luar rumah.

Qhomemart menyediakan lantai vinyl & lantai parket terlengkap & termurah, dapat dibeli satuan ataupun lembaran, beli sekarang sesuai yang anda butuhkan.

Ayo segera transaksi!

Whatsapp Store: 0811-2863-773

Baca Juga  Jual Batu Roster Jogja Terlengkap Termurah 2024 di QHomemart

Jam Buka: 08.00-21.00

Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini