Tips & Trick

Tips Untuk Memilih Air Cooler Jogja yang Ingin Digunakan

Air cooler jogja– Air cooler adalah sebuah alat pendingin ruangan yang fleksibel dan bisa diletakkan di mana saja. Air cooler juga dapat membuat ruangan yang tidak terjangkau oleh AC menjadi lebih sejuk dan nyaman. Dengan banyaknya produk yang dijual, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.

Berikut ini adalah tips yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah air cooler supaya tidak salah memilihnya.

air cooler jogja
air cooler jogja
source: bajajelectricals.com

Cara Memilih Air Cooler Jogja

Jika Anda tidak memilih air cooler dengan bekal informasi yang tepat dan lengkap, Anda mungkin akan kecewa karena produk tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Yuk sebaiknya kita ketahui terlebih dulu bagaimana cara memilih air cooler agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. 

 Sesuaikan daya listrik dengan tempat pemakaian 

Dengan mengetahui seberapa banyak konsumsi daya listriknya, Anda dapat memperkirakan kemampuan air cooler untuk mendinginkan ruangan. Daya listrik ini ditulis dalam satuan watt. Makin tinggi daya listrik yang dibutuhkan oleh air cooler, maka semakin tinggi pulalah kemampuan air cooler dalam mendinginkan ruangan.

Air cooler yang tidak terlalu mahal biasanya hanya membutuhkan daya listrik yang lebih kecil. Biasana daya dilistrik yang digunakan pada perumahan  hanya memakan 65 samapai 75 watt saja. Namun berbeda ketika di gunaka untuk keperluan bisnis, biasanya akan membutuhkan daya sebesar 200 watt.

Baca Juga  Ukuran Besi Hollow Untuk Pagar Ideal & Standar

Maka dari itu harus dipastikan dahulu daya listrik dan akan digunakan dimana air cooler tersebut.

Supaya mudah dipindah-pindah, perhatikan juga ukuran dan beratnya

air cooler jogja
air cooler jogja midea
source: midea.com

Salah satu keunggulan dari air cooler adalah bisa dipindah letakan sesuai keinginan. Maka dari itu sebelum membeli sebuah air cooler harus di pastikan terlebih dahulu apakah air cooler tersebut dilengkapi dengan roda agar dapat di geser kemanapun sesuai dengan keinginan si pengguna

Berat dari air cooler sendiri kurang dari 40kg tujuan nya adalah  agar tidak terlalu berat ketika ingin dipindah letakan. Karena terkadang ada air cooler yang tidak dilengkapi dengan roda.

 Periksa kapasitas tangki air 

Cara kerja dari air cooler sendiri berbeda dengan AC dan kipas angin. Cara kerja dari air cooler adalah dengan cara menyemburkan partikel air yang dihasilkan dari poses penguapan didalam tangki. Dan masing-masing tangki air pada air cooler memiliki kapasitas air yang berbeda-beda.

Kapasitas tangki air yang besar akan meringankan kerja Anda karena tidak perlu sering-sering diisi ulang. Maka dari itu jangan membiarkan air cooler bekerja dengan tangka yang kosong karena dapat membuat nya cepat rusak. Ada baiknya membersihkan tangka air satu kali setiap bulan agar udara yan dihasilkan tetap segar dan sehat.

Perhatikan kekuatan air flow pada air cooler jogja

air cooler jogja 3
source: midea.com

Jika pada ac pengukur kekuatan pendingin dikenal dengan satuan pk, di air dengan dikenal dengan istilah air flow. Air flow hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli air cooler karena air flow menentukan volume hembusan udara yang dikeluarkan. Makin besar kekuatan air flow, maka ruangan akan makin cepat sejuk.

Baca Juga  Alderon Single Layer VS Double Layer, Mana Lebih Baik?

Perhatikan juga fitur lainnya 

Beberapa air cooler memiliki fitur tambahan. Di bawah ini, ada beberapa fitur yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ice pack, membuat suhu jadi makin dingin

Agar bisa mendinginkan ruangan dengan lebih maksimal, beberapa produsen melengkapi air cooler buatannya dengan ice pack. Ice pack memiliki fungsi untuk mengoptimalkan hembusan udara dari air cooler sehingga akan terasa lebih dingin ketika akan digunakan. 

Fitur timer untuk memudahkan ketika digunakan

Fitur timer ini berfungsi untuk orang-orang yang tidak ingin menggunakan air cooler terlalu lama. Saat suhu diruang sudah cukup dingin ada beberapa pengguna yang ingin mematikan namun terkadang malas untuk beranjak bangun. Maka digunakan nya fitur timer ini.

Fitur humidifier dan dehumidifier, untuk mengatur kelembapan udara

Ada beberapa air cooler yang dilengkapi denga fitu humidifier namu anda juga yang dilengkapi fitur dehumidifier. Kedua fitur ini berbeda, tetapi sama-sama berfungsi untuk mengatur kelembapan udara. Fitur humidifier dibutuhkan untuk menambah kelembapan saat udara di ruangan sudah terlalu kering dan panas

Udara yang terlalu kering bisa mengakibatkan beberapa keluhan, seperti bibir pecah-pecah, dehidrasi, atau sakit tenggorokan. Perabot rumah yang terbuat dari kayu pun berisiko mudah retak karenanya. Sebaliknya, jika udara di ruangan sudah terlalu lembap, seperti saat musim hujan,

Itulah tips yang harus diperhatikan sebelum membeli air cooler jogja. Jika hendak membeli sebuah air cooler jogja, anda bisa langsung mengunjungi Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini