Tips & Trick

9 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Memilih jenis mata gerinda yang tepat ternyata memerlukan kejelian, karena tiap jenis mata digunakan untuk kebutuhan yang berbeda – beda. Apalagi bagi anda yang merencanakan pembelian mata gerinda untuk kebutuhan tertentu, tidak mau bukan rugi ketika salah dalam membeli? Itu sebabnya, artikel ini perlu anda cermati untuk mengetahui masing – masing jenis mata gerinda dan fungsinya.

Setidaknya , ada 8 jenis mata dari gerinda yang perlu anda ketahui. Entah itu untuk pemakaian pada material kayu, batu, atau bahkan untuk membersihkan tembok sekalipun. Nah, langsung saja simak penjelasan berikut ini :

Jenis Potong Keramik

Jenis mata gerinda menyasar pada fungsi utama untuk proses pemotongan khusus keramik. Mata gerinda keramik dibuat dari bahan, sehingga tidak memudahkan karat menyerang pada lapisan permukaan.

Bentuk fisiknya tidak membulat sempurna, melain terdapat celah – celah sebagai rongga dari pisau itu sendiri. Untuk keramik sendiri, terdapat 2 jenis pisau potong, yakni :

  • Pisau basah
  • pisau kering

Jenis Mata Batu Gerinda Potong

Bukan, ini bukan dipakai untuk memotong material batu, melainkan untuk media logam. Diantaranya seperti logam stainless steel (baja nirkarat), baja sampai jenis mildsteel.

Ciri dari jenis mata gerinda batu pemotong ialah warnanya yang hitam. Kalau untuk pemotong keramik terdapat beberapa rongga, mata batu pemotong memilik bentuk bulat yang lebih sempurna.

Baca Juga  Perbedaan Dispenser Kompresor dan Non Kompresor

Ukuran piringan mata gerinda antara 12″ dan 16″, jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada gergaji berkecepatan tinggi, seperti gergaji listrik. Untuk bahan logam dibuat dari alumunium oksida, sedangkan silikon karbida untuk pasangan bata

Jenis Amplas Gerinda

amplas gerinda
photo: blibli

Fungsi dari amplas gerinda dipakai untuk mengikis permukaan dari media material, baik seperti media logam ataupun kayu. Amplas dapat digunakan untuk 2 media tersebut.

Kenapa memakai jenis ini? itu karena menghasilkan hasil finishing pada permukaan yang lebih halus dan rata. Amplas gerinda memiliki 2 jenis piringan, diantaranya gerinda susun dan gerinda datar.

Perbedaan dari 2 jenis tersebut ialah dari segi ketebalan, gerinda susun lebih tebal karena susunan lebih dari satu piringan.

Jenis Gerinda Untuk Tembok

gerinda tembok
photo: lazada

Jenis gerinda ini diperuntukkan untuk pengikisan pada semen, tembok, granit, serta beberapa media – media sejenis. Memakai jenis ini dapat menghasilkan lapisan tembok yang lebih rata.

Dapat pula untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti menghasilkan lekukan-lekukan tertentu sesuai dengan desain yang diinginkan.

Jenis Asah

Jenis mata gerinda asah digunakan untuk mengasah atau menghasilkan lapisan permukaan terutama pada media granit atau marbel. Jenis mata gerinda asah dibedakan menjadi 2 :

jenis asah bahan woven

Woven lebih digunakan untuk mengasah atau memperhalus lapisan permukaan pada media logam, seperti untuk stainless steel maupun alumunium.

jenis asah bahan spoon

Sedangkan untuk jenis spoon sendiri merujuk pada penggunaan untuk material batu.

Baca Juga  10 Merk Magic Com Terbaik dan Menyehatkan

Jenis Pisau Kayu

jenis mata gerinda

Seperti namanya, spesifikasi yang dimiliki hanya diperuntukkan untuk material kayu. Disamping itu, gerigi dari gergaji dibuat dengan berbagai jumlah mata gerigi yang tajam, sehingga sangat baik untuk untuk pemotongan kayu.

Biasanya, pemakaian pisau kayu bersandingan dengan gergaji listrik. Itu karena gergaji listik menghasilkan rpm yang super cepat, sehingga pisau dapat lebih efektif ketika digunakan.

Karena bentuk gerigi, anda perlu menerapkan penutup gergaji supaya ampas tidak merengsek kemana-mana.

Jenis Sikat Gerinda

sikat gerinda
via: lazada

Sikat gerinda lebih digunakan untuk membersihkan benda benda dari kotoran, debu, kerak maupun membuatnya mengkilap kembali pada beberapa media.

Pada lapisan permukaan sikat gerinda terdapat material pembersih khusus ketika dipergunakan, ini membuat pembersihan lebih cepat dan efektif, apalagi dipakai dengan menggunakan mesin listrik yang notabene punya rpm yang cepat.

Jenis Gerinda Fleksibel

Jenis mata gerinda ini dipakai untuk mengikis media logam pada area – area yang sempit.

Dapat pula dipakai untuk memotong media logam. namun walau begitu, hasil potong dari gerinda cenderung lebih lebar.

Jenis Mata Gerinda Potong Batu Akik

Sesuai namanya, jenis ini dipakai untuk gerinda batu akik. Mengingat ukuran batu akik yang kecil, hal ini memerlukan jenis gerinda yang menyesuaikan dengan batu tersebut.

Biasanya diameter gerinda batu akik ialah 200 mm, juga dapat dipergunakan untuk keperluan pada batu mulia.

Baca Juga  6 Warna Cat Kayu Yang Bagus Untuk Rumah Anda

Transaksi di qhomemart, dapatkan semua jenis mata gerinda dan dapatkan promo menariknya. belanja sekarang! konsultasi lewat link tautan whatsapp dibawah.

5/5 - (8 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini