Tips & Trick

5 Cara Membersihkan Kulkas yang Ampuh Hilangkan Bau

Kulkas biasa digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Jika tidak dibersihkan secara berkala, kulkas akan menimbulkan bau tidak sedap dan membuat makanan dapat terkontaminasi. Kulkas yang bersih dapat menyimpan makanan dengan lebih higienis dan sehat. Yuk simak cara membersihkan kulkas dengan maksimal di bawah ini.

Cara membersihkan kulkas dengan bertahap

Kosongkan isi Kulkas

membersihkan kulkas maksimal 3
source: cleaninginstructor.com

Sebelum Anda membersihkan kulkas, kosongkan terlebih dahulu kulkas Anda dari makanan, bahan makanan, dan minuman yang Anda simpan di dalamnya. Jangan lupa untuk menyortir isi kulkas Anda, apakah ada bahan makanan yang busuk dan kadaluarsa sehingga perlu dibuang ataukah dapat disimpan kembali di dalam kulkas.

Menurut laman Reader’s Digest, Food and Drugs Administration (FDA), yang setara dengan BPOM, menyatakan bahwa makanan yang harus disimpan dalam keadaan dingin tidak boleh ada di suhu ruang selama lebih dari 2 jam. Pastikan Anda membersihkan kulkas kurang dari 2 jam sehingga dapat mengembalikan makanan yang harus disimpan dalam keadaan dingin ke dalam kulkas.

Bersihkan bagian dalam kulkas

membersihkan kulkas
source: Andrew Rafalsky / Shutterstock

Cara membersihkan kulkas bagian dalam adalah dengan melepaskan rak dan laci bagian dalam terlebih dahulu. Lalu, cuci rak dan laci tersebut menggunakan sabun, lalu bilas dan keringkan. Pastikan sudah tidak ada lagi sabun dan kotoran yang menempel pada rak dan laci kulkas yang Anda cuci. Jangan lupa mengelap bagian dalam kulkas dengan cairan sabun pembersih ataupun lap basah yang bersih. Lap bagian dalam kulkas hingga semua noda dan kotoran hilang.

Baca Juga  Jenis Tandon Air Umum Yang di Pakai Sehari-hari

Jika terdapat bau yang tidak dapat hilang di dalam kulkas, Anda dapat menggunakan cairan esktrak vanila dan beberapa lembar kertas tisu. Basahi tisu dengan ekstrak vanila dan lap bagian dinding dan rak kulkas untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Bersihkan bagian luar Kulkas

membersihkan kulkas bagian luar

Bagian luar kulkas juga merupakan bagian yang penting untuk dibersihkan. Terkadang muncul noda kehitaman maupun jamur pada kulkas jika Anda tidak rajin membersihkannya. Lap bagian luar kulkas dengan cairan pembersih dan keringkan.

Bersihkan pula bagian karet pada pintu kulkas dan sela-selanya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Lap hingga bersih. Apabila terdapat noda membandel pada bagian karet pintu, Anda dapat menggunakan bahan alami untuk menghilangkannya.

Gunakan soda kue untuk membersihkan noda membandel pada karet pintu kulkas Anda. Campurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada noda yang membandel dan lap hingga bersih. Untuk bagian kulkas dengan bahan stainless steel dapat menggunakan cuka putih untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Kulkas yang berjamur

Terkadang jika sudah terlalu lama, karet pada pintu kulkas dapat berjamur. Segera bersihkan sebelum jamur menjadi semakin banyak dan membuat kotor kulkas Anda. Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan bagian tersebut.

Oleskan pasta gigi pada bagian karet pintu yang berjamur secara merata, kemudian diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, lap dengan menggunakan lap basah hingga bersih.

Baca Juga  Harga Kulkas Jogja Terbaru Qhomemart 2021

Cara membersihkan kulkas bagian freezer

Untuk membersihkan freezer, Anda butuh waktu karena pada beberapa jenis kulkas terdapat bunga es di bagian dalamnya. Keluarkan makanan yang terdapat di dalam freezer dan taruh di wadah lain. Matikan aliran listrik atau cabut kabel kulkas untuk membiarkan bunga es mencair. Anda juga bisa membuka pintu freezer untuk mempercepat proses mencairnya bunga es tersebut. Sebaiknya jangan gunakan alat untuk mencongkel bunga es karena dapat merusak lapisan freezer Anda.

Bersihkan Freezer dengan campuran baking soda dan air

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada freezer, Anda dapat menggunakan campuran air dan baking soda untuk menggosok dinding freezer. Setelah itu, lap dengan kain bersih dan keringkan. Setelah bagian dalam freezer kering, Anda dapat menyalakan kembali freezer dan meletakkan kembali bahan makanan ke dalamnya.

Mudah bukan untuk mengikuti cara membersihkan kulkas dan cara membersihkan freezer di atas? Jangan lupa bersihkan kulkas dan freezer secara berkala agar terhindar dari bau tak sedap dan kulkas Anda dapat menyimpan bahan makanan dengan lebih higienis. Anda juga dapat memilih untuk membeli kulkas dengan freezer yang tidak menghasilkan bunga es untuk membersihkannya dengan lebih mudah.

Kembalikan bahan makanan ke dalam kulkas

cara membersihkan kulkas

Jika proses pembersihan telah selesai, jangan lupa untuk menaruh kembali bahan makanan, makanan, dan minuman ke dalam kulkas. Tata bahan makanan sedemikian rupa agar bagian dalam kulkas terlihat rapi dan memudahkan Anda untuk mencari bahan makanan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk sering mengecek bahan makanan apakah masih baik atau sudah kadaluarsa atau busuk agar dapat dibuang dan tidak mengotori kulkas Anda.

Baca Juga  Apa Itu Bata Roster: Pengertian, Karakteristik & Kelebihan Kekurangannya

Temukan aneka kulkas untuk menyimpan bahan makanan, makanan, dan minuman dingin Anda hanya di Qhomemart. Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah seperti bahan bangunan, perlengkapan kamar mandi, peralatan dapur, furniture, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website atau langsung hubungi kami via whatsapp. Pilihan hemat harga hebat.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini