DekorasiTips & Trick

Mengenal 6 Jenis Furniture Beserta Tips Memilihnya

Terdapat setidaknya 6 Jenis furniture yang memiliki perbedaan bentuk,karakteristik dan tujuan dibuatnya. Ketahui lebih lengkap beserta tips memilih jenis paling tepat untuk hunian anda. Simak dibawah ini.

Sebuah ruangan akan nampak tidak etis jika tidak terdapat furniture di dalamnya. Kehadiran furniture dalam sebuah ruangan akan sangat mempengaruhi fungsi dari ruangan tersebut. Baik itu di ruang tamu, ruang kantor, dapur atau ruangan lainnya.

Bagi sebagian orang memilih furniture bisa jadi suatu hal yang cukup sulit. Akan terdapat begitu banyak pertimbangan berdasarkan kebutuhan ataupun selera. Setiap furniture tentunya dirancang dengan fungsinya masing-masing. Baik itu untuk kebutuhan fungsional atau bahkan untuk kebutuhan dekoratif.

Sebenarnya mudah-mudah saja dalam memilih furniture. Mari kita mengenal terlebih dahulu beragam jenis furniture yang dapat digunakan untuk melengkapi ruangan anda.

Free Standing

Jenis furniture ini dalam hal konstruksinya sudah didesain dalam kondisi yang utuh, artinya tidak dapat di bongkar pasang atau pun dilipat tentunya.

Biasanya untuk ukuran furniture ini terbilang cukup besar. Sehingga anda memang harus teliti dalam menyesuaikan tempatnya pada ruangan anda. Free Standing sangat cocok untuk tipe rumah yang berkapasitas banyak atau luas. Akan tetapi furniture freestanding ini kurang cocok untuk anda yang tinggal di rumah sewa,  karena untuk memindahkannya cukup rumit dan tentu memakan banyak tenaga.

Baca Juga  Lampu Tidur Unik untuk Si Kecil

Contoh paling sering pengaplikasian free standing yaitu pada ranjang, meja tamu, sofa dan lemari.

Knockdown

Jenis furniture ini berbanding terbalik dengan free standing furniture sebelumnya. Furniture ini di rancang khusus agar dapat dibongkar pasang dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Engsel-engsel pada bagian furniture ini tentu sudah jadi hal yang lumrah atau bisa dibilang jadi ciri khas dari konstruksi furniture ini. Hanya saja anda butuh keterampilan agar bisa menyusun atau memasang jenis furniture ini. Selain keterampilan, waktu yang lama juga dibutuhkan dalam pemasangannya.

Furniture jenis ini agak cenderung lebih mudah rusak dan cepat berkarat jika penggunaannya tidak dirawat dengan baik dalam waktu yang lama.

Mobile Furniture

contoh jenis furniture tipe mobile
Foto: likecool.com

Untuk ciri khas pada mobile furniture sendiri yaitu memiliki roda pada beberapa bagian, sehingga cukup mudah ketika ingin dipindahkan. Jenis furniture ini hampir sangat mirip dengan knockdown furniture, karena bisa dibongkar pasang.

Hanya saja mobile furniture lebih cenderung rendah dalam tingkat keseimbangannya. Belum lagi jika rodanya rusak, cenderung sulit diperbaiki.

Built in

ini contoh jenis built in furniture
Foto: inchcalculator.com

Tipe furniture jenis ini bisa dibilang jenis yang paling rumit dan membutuhkan proses pembuatan dengan keterampilan yang tinggi.

Biasanya furniture jenis ini dibangun bersamaan ketika renovasi rumah, karena biasanya didesain menempel pada interior bagian rumah seperti pada dinding rumah. Tentunya furniture jenis ini tidak dapat dipindahkan atau dilepas.

Baca Juga  25 Ide Dapur Cantik Minimalis yang Murah

Kebanyakan orang yang memilih jenis furniture ini memiliki alasan agar suasana pada rumah terkesan jauh lebih eksklusif dan modern. Konsep ini biasa diaplikasikan seperti pada dapur, rak di dinding, dan lemari pakaian (wardrobe).

Inflatable Furniture

jenis Inflatable Furniture
Foto: sleepingwithair.com

Jenis furniture ini mungkin masih cukup terdengar asing tentunya untuk sebagian orang. Inflatable furniture sendiri merupakan jenis furniture yang dikembangkan dari ukuran kecil hingga menjadi besar, sehingga berfungsi secara maksimal.

Furniture ini tentunya bisa menjadi solusi terbaik yang bisa disesuaikan pada rumah anda. Pada pintu rumah yang kecil pun bisa masuk.

Sofa dan spring bed merupakan contoh yang paling umum pada pengaplikasian inflatable furniture.

Transformable Furniture

Contoh jenis transformable furniture yang fleksibel digunakan
Foto: interiordesign4.com

Satu kata yang popular untuk furniture jenis ini yaitu multifungsi. Karena transformable furniture dirancang lebih dari satu fungsi.

Ini merupakan terobosan modern dari jenis-jenis furniture. Misalnya sebuah tempat tidur bisa dialihfungsikan menjadi sofa atau lemari bahkan kitchen set. Cukup menarik kan jika ruangan anda terdapat jenis furniture seperti ini.

Jenis furniture ini sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki hunian yang tidak cukup luas untuk menempatkan furniture. Dengan menggunakan furniture jenis transformable tentunya tidak akan menyita banyak kapasitas.

Tips Memilih Furniture

Beberapa jenis furniture di atas bisa anda dapatkan ketika anda berkunjung ke QHOMEMART. Ada beragam jenis furniture yang tersedia. Sebelum berbelanja furniture ada baiknya juga anda mengetahui beberapa tips memilih furniture di bawah ini.

Baca Juga  Cara Pasang Kanstin Untuk Taman/Trotoar

Selaraskan dengan Konsep Ruang

Ini merupakan hal yang mutlak tentunya. Karena meskipun anda sudah tertarik dengan jenis furniture yang anda lihat di toko meubel. Namun tidak selaras dengan konsep ruangan anda, tentu ini akan jadi masalah serius.

Perhatikan baik-baik ukuran furniture yang muat pada ruangan anda. Tentu akan lebih mudah jika anda mengukur luas ruangannya teerlebih dahulu.

Kemudian pilih warna yang sesuai dengan konsep ruangan anda, bisa diselaraskan dengan dinding dari ruangannya. Atau anda juga bisa menyelaraskannya dengan warna yang dominan.

Kenali Fungsinya

Dalam pemilihan furniture tentunya ini harus benar-benar jadi hal yang amat penting. Karena ini bisa menunjang kegunaan dari ruangannya.

Misalnya anda hendak mencari furniture untuk ruang keluarga. Maka pilihlah jenis furniture yang nyaman untuk ditempati sebagai tempat berkumpul dan mengobrol.

Desain Furniture

Sangat disarankan untuk memilih furniture yang lebih tahan lama atau bisa dibilang tidak cepat rusak. Hal ini dapat meminimalisirkan pengeluaran jangka panjang, meskipun pada awalnya lebih mahal ketika membeli. Bayangkan saja jika anda harus sering-sering mengeluarkan uang untuk memperbaiki furniturenya.

Nah, itu dia tips yang bisa anda pertimbangkan ketika hendak membeli sebuah furniture. Anda tentu bisa mengunjungi QHOMEMART juga untuk berkonsultasi tentang jenis furniture yang bisa ingin anda gunakan. Anda juga bisa memesan furniture custom melalui Qhomeliving di Qhomemart. Yuk belanja segala kebetuhan

5/5 - (5 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini