Apa Itu Kitchen Island? Ini Penjelasan dan Pro Kontranya

Kitchen island jadi konsep dapur ciri-ciri meletakkan komponen dibagian tengah, berupa meja hingga bagian lainnya. Tapi ada juga pro kontra penggunan konsep ini. Jadi, apakah hal ini cocok dengan dapur anda? Simak penjelasannya berikut ini.

Belakangan, kitchen island jadi icon dapur modern masa kini yang sesungguhnya. Ini adalah sesuatu yang sempurna layaknya tempat berkumpul keluarga yang nyaman dengan perapian ditengah.

Tapi, apakah konsep ini cocok dengan anda? Dalam artikel ini, kami membahas pengertian lebih detail kitchen island, juga pro kontra penggunaannya untuk dapur.

Mengenal

kitchen island
Photo: Countrylife.co.uk

Jadi, kitchen island merupakan konsep dapur yang meletakkan meja khusus dan komponen pendukung ditempatkan pada bagian tengah ruangan. Karena komponen ditengah dapur, itu akan terlihat seperti “pulau” yang ada ditengah-tengah, untuk itulah konsep ini dinamakan.

Kehadirannya membantu efektifitas aktivitas yang dilakukan pada dapur, sehingga efisiensi gerak dan fleksibelnya lebih maksimal oleh pengguna dapur. Di masa sekarang, konsep ini jadi pilihan menarik dengan banyaknya rumah-rumah modern yang menggunakan kitchen island.

Fungsi Spesifik

kitchen island minimalis
Photo: mydomaine.com

Meja island bisa berfungsi untuk banyak hal, misal untuk meja makan, meletakkan alat masak sementara ada juga fungsi spesifik yang dihadirkan.

Baca Juga  Jenis-jenis Talenan dan Tips Merawatnya

Area prepare makanan

Fungsi kitchen island memiliki cukup space yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat preparasi makanan. Ini sangat berguna untuk dapur-dapur yang “sibuk”. Karenanya, banyak diadopsi oleh para pelaku restoran. Untuk segmen rumahan, konsep ini sangat membantu ketika dapur rumah sibuk mempersiapkan acara pribadi atau dipakai untuk tempat makan juga sangat bisa.

Pendukung memasak

Mempersiapkan hidangan membutuhkan pengolahan bahan-bahan lebih terperinci. Kitchen island dapat berfungsi sebagai tempat menumis bawang, meracik bumbu dan masih banyak lagi.

Penyimapanan Ekstra

Meja ditengah bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan ekstra. Banyak meja dapur modern yang datang dengan penyimpanan kabinet dibwahnya. Jika kitchen set anda sudah penuh, anda dapat mengalihkannya kesini. Kitchen island memberikan penyimpanan ekstra yang juga memudahkan pengambilan peralatan anda.

Pro dan Kontra

feng shui vas bunga dan tempat buah dapur
Hiasan bunga. Photo: Google

Bagaimana kehadiran kitchen island terkadang menimbulkan pro kontra pada beberapa faktor.

Tidak cukup dari situ, anda bisa mendapatkan

Pro

  • Menawarkan penyimpanan ekstra untuk peralatan dapur
  • Menjadi “jantung” sebuah dapur serta titik kumpul di dapur untuk semua orang
  • Tempat makan
  • Rung tambahan untuk menghitung peralatan berukuran kecil (Sendok, garpu dll)

Contra

Kitchen island terkadang membawa beberapa permasalahan baru seperti:

  • Masalah anggaran, terlebih jika memakai material atau finishing yang ‘mahal’
  • Instalasi yang cukup rumit jika memuat kabel dan saluran air tambahan.
  • Dapur jadi lebih sempit
Baca Juga  69 Rumah Kayu Minimalis Untuk Keluarga

Ada yang bilang bahwasanya terlalu menumpuk banyak komponen di tengah membuat space jadi terbatas.

Tapi disisi lain hal tersebut juga membantu pengguna dalam melakukan aktivitas lebih cepat dari biasanya. Sebuah kitchen island tentu bisa jadi tambahan yang bagus untuk rumah anda. Semoga bermanfaat ya!

Dapatkan semua kebutuhan dapur, mulai peralatan hingga kompor hanya di qhomemart. Ayo segera transaksi! chat whatsapp 0811-2863-773

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Konsultasi Gratis Disini