Tips & Trick

Mengenal Kuat Tekan Beton Lebih Dalam.

Kuat tekan beton merupakan besarnya beban per satuan luas yang didapat dari pemberian gaya tertentu yang tujuannya mendapat nilai agar diketahui berapa daya maksimal yang dapat ditampung.

Tentunya, qhomelovers semua pernah/mengetahui apa itu beton bukan? Beton sudah sering digunakan masyarakat dalam pembuatan konstruksi bangunan.

Pemilihan bukan tanpa alasan, faktanya beton punya kekuatan terbaik sebagai material konstuksi daripada material bangunan lain. Ketahanan dan kekokohannya membuat bangunan lebih kuat berdiri.

Namun, seberapa besar sih kekuatan beton? Mungkin saja anda belum menyadari kekuatan beton atau sering disebut kuat tekan beton.

Maksud Tekan Kuat Beton

kuat tekan beton

Seperti pada penjelasan sebelumnya, dimana kuat tekan beton pada besarnya beban per satuan luas.

Daya kekuatannya bisa dilihat ketika melakukan uji kuat tekan yang akan menghasilkan nilai estimasi dari sampel beton yang sudah dibuat.

Cara Pengujian

Untuk mengetahui berapa daya kuat beton pada suatu material, dilakukan pengujian untuk mengetahui berapa nilai yang didapatkan secara pasti.

Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel dari beton yang akan di uji. Sampel beton akan di tekan memakai mesin khusus untuk melihat seberapa jauh kuat tekanannya.

Nah, untuk caranya sendiri anda perlu menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Setelah itu, tempatkan material tepat berada di tengah mesin. Operasikan mesin memakai penambahan beban yang konstan antara 2 – 4 kg/cm2.

Baca Juga  7 Jenis Engsel Pintu Yang Bagus dan Kuat

Faktor Yang Mempengaruhi

faktor yang mempengaruhi daya kuat beton

Nah, setelah mengetahui apa arti dari kuat tekan beton kali ini masuk ke bagian faktor yang mempengaruhi kekuatan beton itu sendiri.

Setidaknya ada 3 faktor yang bisa berpengaruh diantaranya :

1) Kondisi pemeliharaan

Meskipun beton merupakan material yang kuat, tetap membutuhkan pemeliharaan supaya kondisinya tetap prima.

Kondisi pemeliharaan setelah beton dibuat juga jadi salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap kondisinya.

2) Sifat & Komposisi Beton

Sifat & komposisi jadi tindakan awal untuk mencapai mutu yang diinginkan.

Nah, Beberapa bagian yang menjadi efek paling besar dari sebuah beton ialah semen, tipe semen, air campuran, agregat dan bahan tambahan lainnya.

3) Faktor pengujian

Sebelum dipergunakan, beton telah melalui serangkaian pengujian yang disebut uji kuat tekan beton.

Pengujian memakai alat khusus yang memang dirancang hanya khusus pengujian kekuatan beton.

Semoga artikel ini bermanfaat, qhomelovers.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini