Tips & Trick

3 Perbedaan Sealant Asam dan Netral (Yang Wajib Diketahui)

Perbedaan sealant asam dan netral dapat dilihat banyak aspek, mulai dari bau, sifat, hingga harga. Semua yang perlu anda tahu dari perbedaan detail sebelum memakainya. Simak penjelasan dibawah ini.

Dalam dunia konstruksi, sealant (atau bisa kita sebut LEM) menjadi andalan bagi pemilik atau pelaksana proyek dalam tujuan menambal atau memberi segel, menutup celah, memberi lapisan pelindung dari cairan tertentu dari celah atau sambungan material tertentu.

Sealant jadi solusi bahan untuk menambal pada berbagai celah bangunan. Namun perlu diketahui bahwa ada 2 jenis sealant yang perlu anda ketahui, yakni tipe asam dan netral. Lalu, sudah tahu perbedaan diantara keduanya? Langsung simak penjelasannya dibawah ini.

Bau Yang Beda

Perbedaan sealant asam dan netral
Photo: Littlehouseonthecorner.com

Perbedaan sealant asam dan netral dapat dicium dari baunya. Sealant berjenis asam punya bau lebih menyengat dibanding jenis sealant netral. Bahkan tipe sealant netral tidak berbau sehingga tidak masalah dengan aspek tersebut.

Pastikan anda memakai masker atau pelindung hidung jika bermasalah dengan bau dari sealant asam. Penggunaan pelindung juga bertujuan menghindari masalah pernafasan.

Sealant Asam Bersifat Korosif

Perbedaan sealant asam dan netral selanjutnya dari sifat korosif, yang mana ini hanya ada pada komposisi jenis sealant asam. Itu sebabnya sealant asam tidak cocok untuk penggunaan yang bersinggung dengan material logam dan sejenisnya.

Baca Juga  6 Merk Floor Drain Terbaik Beserta Harga

Jenis sealant asam lebih cocok untuk bahan-bahan seperti keramik hingga aluminum dan sejenisnya.

Sedangkan sealant netral tidak memiliki sifat korosif, jadi aman untuk dipakai bersinggungan dengan bahan apa saja.

Proses Curing

Proses curing dari sealant asam lebih cepat daripada yang berjenis sealant netral.

Harga

sealant untuk atap bocor

Untuk segi harga, sealant netral memiliki harga lebih mahal daripada sealant asam meskipun masih dalam taraf harga yang sama-sama murah. Tentu, anda bisa mempertimbangkan harga menyesuaikan kebutuhan.

Nah, Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan sealant asam dan netral yang perlu anda tahu. Semoga bermanfaat qhomelovers! Dapatkan keperluan bangunan di supermarket bangunan QHomemart, bisa kirim ke seluruh jawa dan indonesia. Informasi dan pembelian hubungi whatsapp 0811-2863-773

5/5 - (12 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini