Tips & Trick

Rumus Volume Tangki Serta Cara Menghitung Ukuran Sebenarnya

Gunakan rumus volume tangki berikut sebelum membeli tangki air. Hanya dengan begini, anda bisa mendapatkan tipe tangki yang sesuai dengan kebutuhan sendiri. Simak jawabannya dibawah ini

Ketika ingin membeli sebuah tangki, tentu ada banyak hal yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah mengetahui berapa volume sebuah tangki yang anda pilih.

Volume tangki dari masing masing tipe tentu berbeda, terlebih kebutuhan masing masing rumah atau bangunan yang perlu disesuaikan dengan tangki yang dipilih.

Dari sini, sebuah tangki air sangat penting untuk kelangsungan sebuah bangunan.

Rumus

Sebagai awalan, anda dapat mengetahui dulu rumus volume tangki sebelum mulai menghitung ukurannya, rumus penting untuk diketahui terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan untuk menghitung volume. Anda dapat menggunakan rumus volume tangki adalah sebagai berikut :

” Volume = jari-jari x jari-jari x tinggi x (22 / 7)

Cara Menghitung

rumus volume tangki
Source: Merchantcircle.com

Untuk lebih memudahkan penjelasan, simak studi kasus berikut. Diibaratkan tangki air rumah anda ialah berdiameter 80 cm dengan tinggi ialah 100 cm,

Sebelum beralih kesitu, terlebih dahulu untuk mengubah satuan tadi dari centimeter ke meter. Setiap 1 meter ialah 100 centimeter.

Maka, yang didapat adalah 100 cm adalah 1 meter. Khusus untuk diameter, karena menggunakan rumus volume tangki diatas. memperoleh jari jari didapat dari diameter dibagi 2.

Maka untuk menghitung jari jari: 80 cm dibagi 2 adalah 40 cm. Ukuran 40 cm dikonversi menjadi meter adalah 0,4 meter.

Baca Juga  Jenis Jenis Tangga Untuk Proyek Kerja & Pekerjaan Rumah

Sekali lagi, diperoleh hasilnya adalah 1 meter dan 0,4 meter.

Maka dilanjutkan dengan memasukkan rumus: (Volume: jari-jari x jari-jari x tinggi x (22 / 7) )

volume = (0,4 x 0,4 x 1) x (22 / 7)

volume = 0,16 x 3,14

volume = 0,50 m³

maka hasil yang didapat ialah 0,50 m³. tidak berhenti sampai disitu, hasil tadi (m³) kita konversikan menjadi liter karena volume disini memakai satuan liter yang mana setiap 1 m³ adalah 1000 liter. Maka yang didapat ialah 500 liter.

Namun, sebuah tangki air secara real memiliki ball tap atau biasa disebut pelampung air analog yang berada didalam tangki air itu sendiri. Jadi, hal ini tidak serta tingginya sebuah tangki yang 1 meter dipakai adalah 1 meter semua. Setidaknya, ruang yang tidak terpakai dari tinggi 1 meter ialah dari 10 cm hingga 15 cm.

Dapat diambil kesumpulan bahwa, volume air tidak mencapai 500 liter, namun melalui hitungan berikut yang kita ulang menggunakan rumus volume tangki yang sama seperti diatas yakni Volume = jari-jari x jari-jari x tinggi x (22 / 7) :

volume = (0,4 x 0,4 x 0,9) x (22 / 7)

volume = 0,144 x 3,14

volume = 0,45 m³

Hasilnya ialah 0,45 m³, kemudian kita konversi menjadi liter yang hasilnya ialah 450 liter.

Dari sini, dapat diperoleh jawaban bahwa setelah menggunakan rumus volume tangki diatas. Jumlah volume tangki yang sebenarnya tertampung dalam volume tangki air berukuran 500 liter ialah 450 liter.

Baca Juga  6 Rekomendasi Cat Interior Rumah Antimainstream

Itu tadi rumus volume tangki beserta cara menghitung volume tangki air sebenarnya. Jadi, sudah tahu bukan? semoga bermanfaat ya qhomelovers!

qhomemart pusat belanja terlengkap

Qhomemart.com adalah situs jual beli bangunan online, juga menghadirkan berbagai tangki air untuk kebutuhan anda

Untuk mengetahui harga tangki atau harga toren air dapat mengunjungi Harga Toren Air Termurah di Supermarket Bangunan Qhomemart.

Anda dapat melakukan pembelian dengan mengunjungi gerai kami di jalan raya janti no 96 yogyakarta. Belanja toren air lebih mudah melalui whatsapp 0811 2863 773, juga dapat konsultasikan juga dengan kami. Belanja online akan dikirim melalui ekspedisi pilihan. ayo segera transaksi!

5/5 - (8 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini