Dekorasi

15+ Inspirasi Sketsa Rumah Minimalis Modern 2024

Membangun rumah impian tentu dimulai dengan membuat sketsa rumah idaman. Banyak sekali berbagai model rumah minimalis yang bisa Anda pilih untuk dibangun sebagai rumah baru milik Anda. Tentunya Anda bisa menyewa jasa arsitek untuk membuat sketsa rancangan rumah Anda atau mencoba membuat sketsa sendiri dengan menggunakan bantuan aplikasi

Membuat sketsa rumah dan denah rumah sebelum membangunnya adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, Anda bisa mengira-ngira lokasi dan penempatan berbagai ruangan dengan efektif.

Membuat sketsa untuk calon rumah Anda pun dapat membuat Anda lebih mudah untuk memperkirakan model rumah yang Anda inginkan. Anda bisa memikirkan bagaimana tampilan depan dan tampilan samping rumah Anda.

1) Sketsa untuk Rumah Minimalis yang Mewah

sketsa rumah
Foto: heartwoodhomes.com

Memiliki luas tanah yang cukup besar dapat membuat Anda lebih leluasa dalam memikirkan konsep rumah yang ingin Anda bangun. Anda bisa memaksimalkan lahan untuk digunakan membangun rumah atau menyisakan sedikit ruang untuk dijadikan halaman. Model rumah minimalis yang mewah dapat Anda pilih sebagai rumah impian Anda.

Sketsa rumah di atas dapat menjadi salah satu inspirasi dan juga dapat dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang ingin membangun rumah minimalis mewah di lahan yang cukup luas.

Baca Juga  Kelebihan Menggunakan Meja Dapur Granit di Banding Tipe Lain

Memilih model atap yang tepat untuk rumah Anda juga dapat Anda lakukan dengan membuat sketsa rumah terlebih dahulu.

2) Sketsa Rumah Minimalis dengan Balkon

sketsa rumah
Foto: paintingvalley.com

Memiliki rumah dua lantai dapat menjadi salah satu pilihan untuk menambah luas bangunan pada lahan yang terbatas. Memiliki rumah dengan desain minimalis dua tingkat tentu dapat menjadi salah satu pilihan yang perlu untuk Anda pertimbangkan dalam membangun rumah.

Salah satu hal yang cukup penting untuk Anda pertimbangkan saat membangun sketsa rumah dua lantai adalah keberadaan balkon pada lantai atas.

Balkon adalah bagian tambahan dari sebuah rumah atau bangunan yang cenderung keluar dan terlihat menempel pada dinding bangunan. Balkon biasanya terletak di atas sehingga dapat memungkinkan penghuni untuk melihat pemandangan luar rumah dari lantai atas.

Anda bisa memanfaatkan balkon di rumah Anda untuk dijadikan sebagai area bersantai dengan penghuni keluarga lainnya. Selain itu, balkon juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu ruang hijau kecil untuk rumah Anda agar terlihat lebih asri.

Membuat sketsa terlebih dahulu dapat membuat gambaran mengenai tampilan balkon lebih jelas dan juga dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Jangan lupa, membuat sketsa juga dapat membantu Anda memperhatikan detail rumah seperti jumlah jendela yang dibutuhkan, model atap rumah minimalis, model teras, dan lain sebagainya.

3) Sketsa Rumah dengan Halaman Samping

sketsa rumah
Foto: zionstar.net

Rumah tidak hanya melulu tentang indoor. Area outdoor atau area luar rumah pun perlu direncanakan. Jika Anda yang sangat suka memiliki area rumah tentu wajaib untuk membuat sketsa dengan halaman baik itu halaman depan, halaman samping, maupun halaman belakang.

Baca Juga  4 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading : Permudah Mencuci Saat Lebaran

Halaman dapat Anda jadikan sebagai ruang terbuka hijau, tempat bersantai, ataupun tempat bermain dengan peliharaan jika Anda memiliki peliharaan.

Dengan membuat sketsa rumah terlebih dahulu, Anda dapat mengatur desain halaman rumah yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk membuat halaman rumah yang dilapisi semen atau halaman rumah yang masih asri dengan taman dan tidak dilapisi apa-apa.

Bagi Anda yang menyukai pengalaman memasak yang berbeda dari biasanya, Anda juga bisa membuat sketsa rumah dengan dapur outdoor yang mengarah ke halaman. Tentu sebaiknya dapur Anda terletak pada halaman belakang agar Anda dapat memiliki privasi yang lebih, ya.

4) Sketsa dengan Warna

sketsa rumah
Foto: arielbrindissketch

Beberapa sketsa yang dibuat untuk desain rumah hanya sebatas sketsa kasaran yang berwarna hitam putih. Akan tetapi beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan sketsa desain rumah yang telah memiliki warna.

Warna pada sketsa desain rumah dapat membantu Anda memilih paduan warna cat dinding maupun elemen dekorasi lain seperti batuan, dinding atau lantai kayu, dan lain sebagainya.

Jika masih dalam bentuk sketsa tentu akan mudah bagi Anda memilih paduan warna cat dinding yang cocok jika dibandingkan memadukannya tanpa referensi yang cocok. Beberapa bahkan menjadikan sketsa desain rumah awal yang sudah memiliki warna untuk dijadikan hiasan di rumah. Hal ini juga dapat Anda tiru untuk mengenang proses desain dan juga membangun rumah untuk mewujudkan rumah idaman, bukan?

Baca Juga  Fungsi Jack Hammer & Penjelasan Bagian-Bagiannya

5) Tipe 36

sketsa tipe rumah 36
Foto: sketsa tipe rumah 36

Tipe 36 banyak dicari orang karena bentuknya yang compact, kecil namun sangat pas untuk keluarga baru tanpa anak.

Biasasanya didalamnya terdapat 2 kamar tidur dengan 1 ruang tamu. Anda masih memiliki lahan didepan yang berfungsi sebagai taman atau tempat parkir. Biasanya terdapat 1 kamar mandi kecil yang bisa dibangun pada bagian tengah maupun samping.

6) Sketsa rumah tipe 36 dengan carport

sketsa rumah tipe 36 dengan carport

Tambahan carport sangat diperlukan bagi anda yang sehari-hari memakai kendaraan bermobil. Pasalnya, salah satu kendala penghuni rumah yang memiliki mobil ialah lahan parkir. Dengan anda membuat rumah dengan carport, maka masalah itu bisa teratasi.

Diatas ini ialah rumah tipe 36 yang sudah terinclude carport. Memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar tamu dan 1 kamar mandi. Anda masih memiliki taman dibagian depan (samping carport) dan juga belakang rumah.

7) Sketsa Tipe 72

sketsa rumah tipe 72 2 lantai
sketsa rumah tipe 72 2 lantai Foto: fotodesainrumahterbaru.blogspot.com

Dibanding sebelumnya, tipe 72 memiliki luas yang lebih besar dan terdapat banyak ruang disini. Dengan fitur taman dan carport, membuat pilihan rumah yang nyaman.

Untuk sketsa rumah satu ini menggunakan 2 lantai yang dibuat dengan 2 dimensi. Sketsa seperti ini menunjukkan gambaran yang lebih real yang sangat berguna bagi calon penghuni.

Sketsa di lantai 2 ditandai dengan area carport yang di blur.

Bonus 8 Sketsa Rumah

sketsa rumah dengan 3 kamar
sketsa rumah dengan 3 kamar Foto: warnaplafonrumahminimalis.blogspot.com
sketsa untuk rumah ruangan menyatu
sketsa untuk rumah ruangan menyatu foto: markeot.com
sketsa untuk rumah lahan trapesium
sketsa untuk rumah lahan trapesium foto: rumah.com
desain dan sketsa rumah 3 kamar tidur
desain dan sketsa rumah 3 kamar tidur foto: beritakonstruksi.com
sketsa rumah tipe 1 lantai
sketsa rumah tipe 1 lantai foto: allrumahminimalis.blogspot.com
sketsa rumah yang memanjang
sketsa rumah yang memanjang foto: chara.my.id
sketsa rumah dengan mushola
sketsa rumah dengan mushola foto: studio-nol-centimeter.blogspot.com
sketsa rumah minimalis elegan
sketsa rumah minimalis elegan foto: celestialrodeo.blogspot.com

Bagaimana, apakah sudah terbayang ingin membuat sketsa rumah seperti apa untuk membangun rumah idaman?

Yuk belanja bahan-bahan bangunan dan kebutuhan rumah lainnya untuk mewujudkan rumah impian Anda hanya di Qhomemart.com. Lengkap dan melayani pengiriman ke seluruh indonesia!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini