Tips & Trick

Ukuran Pintu Rumah Standar & Ideal di Indonesia

Daftar ukuran pintu rumah standar dan ideal di seluruh indonesia. Pintu utama 80×200 cm, pintu kamar tidur 80×190 cm, pintu 2 daun 120×200 cm, 70×180 cm untuk kamar mandi. Simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini!

Pintu jadi bagian tak terpisahkan sebuah rumah. Sebagai akses keluar masuk, akan sangat penting memperhatikan berapa ukuran pintu rumah yang dipakai.

Tidak hanya akses masuk keluar saja, pintu dipakai memasukkan barang-barang pelengkap seperti furniture, sofa ruang tamu, meja dan masih banyak lagi.

Jika pintu terlalu kecil, maka barang-barang yang anda butuhkan akan sulit masuk. Pun jika terlalu lebar, ada rasa nyaman yang berkurang dari sebuah pintu.

Maka dari itu, anda perlu mengerti berapa standar ideal untuk ukuran pintu rumah pada masing-masing bagian, juga agar tidak salah pilih. Maka dari itu, berikut daftar ukuran yang ideal di indonesia berdasarkan bagian-bagian rumah.

Standar Ukuran Pintu Rumah

Standar Pintu Utama

harga pintu willmore aluminium terbaru

Setidaknya, ukuran pintu rumah bagian utama (area depan) memiliki ukuran lebar tidak dibawah 80 CM, lalu tingginya berkisar 200 hingga 250 CM untuk satu pintu.

Baca Juga  6 Desain Kamar Minimalis Yang Gampang di Aplikasikan

Ukuran lebar dan tinggi dapat mengikuti saran tersebut. Berdasarkan berbagai sumber, Di indonesia banyak orang memakai ukuran 90 cm x 210.

Kenapa ukuran dibawah 80 cm tidak disarankan? Ini karena ada kekhawatiran untuk sulit memasukkan barang-barang atau perabotan berukuran cukup besar.

Untuk ukuran pintu utama yang lebih elegan, anda dapat menambah beberapa cm dan juga pertimbangkan pemakaian 2 buah daun pintu.

Ukuran Standar Pintu Kamar Tidur

pintu aluminium handle panjang

Biasanya, pintu kamar memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pintu utama. Maka dari itu, anda bisa memakai ukuran lebar dibawah 80 cm dan ukuran tinggi 200 cm.

Secara umum, ukuran pintu rumah bagian kamar berukuran 80 x 190. Ini ukuran ini cukup ideal untuk ukuran tinggi orang indonesia.

Jika dibutuhkan, anda bisa menambah beberapa cm sesuai dengan kebutuhan. Ukuran pintu kamar disini bisa dipakai untuk ruang kamar tidur, juga beberapa kamar sejenis.

Standar Ukuran 2 Pintu

inspirasi model pintu rumah 6
photo: pinterest

Standar ukuran 2 pintu berdasarkan SNI adalah memiliki ukuran minimal 120 cm hingga 150 cm x 200 cm 240 xm.

Ukuran untuk tipe 2 pintu kerap kali dipakai sebagai pintu utama, itu sebabnya ukurannya lebih besar daripada ukuran pintu rumah bagian dalam.

Bagaimana dari ketebalan? Ketebalan dari model 2 pintu masih sama dengan 1 pintu utama.

Standar Pintu Kamar Mandi

pintu kamar mandi 195 x 70 x 10 cm

Ukuran pintu kamar mandi justru memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pintu utama atau pintu bagian dalam rumah lainnya. Ukurannya lebih ramping untuk memudahkan tutup dan buka.

Baca Juga  Rekomendasi 7 Merk Kipas Angin Yang Awet

Ukuran standar pintu kamar mandi adalah 70cm x 180 cm.

Kenapa pintu kamar mandi lebih kecil? Itu karena akses kamar mandi tidak akan dipakai untuk menaruh barang-barang besar. Itu sebabnya pintu kamar mandi memakai pintu lebih kecil.

Tapi bagaimana dengan bathtup kamar mandi? Bukankah ukurannya besar? Nah, jawaban dari ini adalah bathtup biasanya telah dipasang sebelum kamar mandi digunakan.

Ukuran Standar Pintu Rumah Mewah

Nah, Ukuran pintu rumah mewah tidak memiliki standar ukuran yang sama atau baku. Para pemilik rumah cenderung mengcustom ukuran sesuai dengan bentuk bangunan dan proporsionalnya.

Namun kebanyakan rumah mewah menggunakan ukuran yang lebih besar. Ukurannya ada pada 160 cm x 250 cm atau bahkan lebih dari itu.

Pentingnya Memilih Ukuran Pintu Yang Tepat

ukuran pintu rumah
Photo: unsplash.com

Ternyata, ukuran pintu rumah yang tepat sangat penting diketahui.

Meskipun beberapa rumah menggunakan 1 ukuran yang sama untuk setiap pintu, ada baiknya ukuran mesti dibedakan sebagaimana masing-masing kebutuhan.

Untuk pintu teras atau rumah depan, setidaknya ini lebih lebar dibanding pintu kamar pribadi.

Jika menilik dari segi fungsional, pintu utama lebih memungkin untuk memuat banyak orang macam tamu, kerabat, saudara yang umumnya datang bersamaan.

Beda dengan kamar pribadi, yang lebih sering anda masuki sendiri atau sanak keluarga saja. Jadi, disinilah letak perbedaan kenapa ukuran rumah itu penting sekali diketahui.

Baca Juga  8 Model Mushola Dalam Rumah Terbaik Berukuran Kecil

Daftar Ukuran Pintu Berbagai Brand

qhomemart pusat belanja terlengkap
Qhomemart: Jalan raya janti no 96, yogyakarta. Kami melayani pengiriman keseluruhan indonesia

Untuk mengetahui ukuran pintu rumah dipasaran, anda dapat melihat stock pintu rumah dari ragam brand pintu rumah di QHomemart.

PINTU ALUMUNIUM80 x 210 cm
PINTU WPC92 X 225 X 0.5 cm
PINTU ABS/PVC / KOMBINASI KACA70 X 200 cm
PINTU ABS/PVC / KOMBINASI KACA Unikey70×195 cm
PINTU KAYU DUMA BB-192 X 225 X0.5 cm
PINTU KAYU DUMA BB-181 x 244 x 0.5 cm
QIERA/PINTU PINTU ABS/PVC / KOMBINASI KACA70 X 200 cm
WKD/DOOR PINTU ALUMUNIUM70X200 cm
Ukuran pintu menurut brand di indonesia

Anda dapat memesan ragam ukuran pintu rumah dari banyak brand di supermarket bangunan QHomemart.

Kunjungi store kami di Jalan raya Janti no 96, yogyakarta atau belanja lebih mudah melalui chat whatsapp 0811 2863 773.

Tanyakan barang -> cek ketersediaan -> lakukan pembayaran, simpel bukan? Ayo segera transaksi!

5/5 - (3 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini