Cara Membersihkan Oven dengan mudah

Mendekati Hari Raya Idul Fitri tentunya kegiatan di dapur jadi lebih sibuk. Selain memasak untuk sahur dan berbuka, biasanya kita membuat kue kering. Sebelum memakai oven, pastikan oven sudah bersih ya. Kalau belum dan bingung bagaimana membersihkan oven dengan mudah, yuk simak tips cara membersihkan oven berikut ini.

Perhatikan Jenis Oven

Perhatikan jenis oven yang Anda punya di rumah. Semakin kecil oven yang Anda punya akan semakin mudah dan cepat pembersihannya. Namun jika oven kecil, tentu tidak bisa langsung memanggang kue kering dengan banyak, ya. Ingat, pastikan ovenmu sudah bersih sebelum digunakan yaa.. Agar makanan yang kita panggang tetap sehat dan tidak tercampur kotoran di oven.

Jika ingin mengganti oven di rumah dengan oven baru yang lebih besar atau oven tanam, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis dan ukuran oven sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah.. kalau ovenmu kotor.. bagaimana cara membersihkan oven dengan mudah agar tidak rusak ya?

Cara Membersihkan Oven Menggunakan Cairan Pembersih

oven bersih

Keluarkan semua komponen yang bisa dilepaskan di dalam oven. Sebaiknya bersihkan bagian dalam oven terlebih dahulu. Semprotkan cairan pembersih ke bagian dalam oven. Pastikan anda sudah memakai pelindung tangan agar tidak terkena bahan kimia yang terdapat pada cairan pembersih ya.

Baca Juga  Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin

Diamkan selama beberapa menit sesuai instruksi pada cairan pembersih agar noda yang menempel bisa hilang. Setelah beberapa lama, lap bagian dalam oven dengan kain lembab atau tisu dapur yang lembab. Pastikan Anda mengelap seluruh bagian oven dan celah-celah agar tidak ada lagi cairan pembersih yang tersisa di dalam oven.

Bersihkan rak oven

Bersihkan rak oven dengan menyemprotkan cairan pembersih juga. Diamkan hinga beberapa waktu dan bilas dengan air sabun. Bersihkan sisa kotoran dan minyak pada rak oven atau bagian dalam oven dengan kain lap yang dibasahi dengan air sabun hangat.

Membersihkan dengan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia dapat membuat oven lama kelamaan berkarat. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi, Anda juga bisa menggunakan pembersih alami.

Cara Membersihkan Oven dengan Soda Kue dan Cuka

Buatlah pasta dari campuran soda kue dan air. Gunakan campuran sekitar 90 gram soda kue dengan 3 sendok makan air. Pastikan konsistensinya tepat, tidak terlalu encer dan tidak menggumpal. Jika oven yang Anda gunakan besar, buat lebih banyak pasta soda kue, ya.

Oles pasta yang sudah Anda buat ke seluruh bagian dalam oven. Ingat, sebelum mengoleskan ke bagian dalam oven, keluarkan rak-rak oven terlebih dahulu ya.. Anda dapat menggunakan kuas bersih untuk mengoleskan pasta soda kue. Diamkan semalaman atau minimal sekitar 12 jam.

Baca Juga  Kompor Tanam, Solusi Cerdas untuk Dapur

Bersihkan rak dengan cairan pencuci piring

semprot dengan cairan pencuci

Bersihkan rak oven dengan cairan pencuci piring. Jika terdapat noda membandel, Anda juga dapat mengolesi pasta soda kue pada rak oven. Gunakan lap basah yang bersih untuk membersihkan sisa pasta soda kue.

Semprotkan bagian dalam oven dengan cuka dan air. Gunakan sekitar 1/2 cangkir cuka dan 2 cangkir air dan masukkan ke dalam botol semprot. Sisa soda kue yang menempel pada oven akan bereaksi dan akan memudahkan kita untuk membersihkan bagian dalam oven.

Lap dengan kain basah atau lembab

cara membersihkan oven dengan lap

Lap sisa soda kue dan cuka dengan lap basah atau dan bersihkan sisa kotoran yang menempel. Setelah itu keringkan. Oven Anda telah siap digunakan kembali untuk memanggang kue kering kesukaan keluarga.

Jangan lupa sekalian membersihkan kompor tanam, kompor gas, atau kompor listrik Anda ya agar dapur jadi lebih bersih dan nyaman.

Meskipun tidak bisa berkumpul di kampung halaman, Anda bisa juga tetap membuat kue kering untuk lebaran lho. Apalagi kue kering sangat cocok dibuat untuk cemilan di rumah dan agar suasana lebaran lebih terasa. Selamat membuat kue kering di rumah dengan oven Anda yang sudah bersih…

Jika kompor Anda rusak dan ingin membeli baru, Anda bisa mendapatkannya di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis oven berkualitas baik bertenaga listrik maupun gas dengan berbagai ukuran.

Baca Juga  Tips Memilih Kasur yang Nyaman

Berbelanja lebih mudah melalui website Qhomemart atau hubungi kami via whatsapp.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889

Telemarketing
08112834216
08112834217

08112834218
08112834219
Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini