Tips & Trick

Cara Membersihkan Oven Dalam 10 Menit

Tidak perlu waktu lama, begini cara membersihkan oven dengan cepat hanya dalam 10 menit. Dengan menggunakan alat dan cara yang tepat, sekarang lebih gampang bersihin oven lebih cepat.

Sebelum memakai oven, sangat penting memastikan oven sudah bersih. Bukan saja agar oven tetap awet, tapi makanan yang diolah lebih matang secara sempurna.

Kalau belum dan bingung bagaimana membersihkan oven dengan mudah, yuk simak tips cara membersihkan oven berikut ini. Tidak sampai 10 menit kok!

Pakai Cairan Pembersih

oven bersih

Keluarkan semua komponen yang bisa dilepaskan di dalam oven. Sebaiknya bersihkan bagian dalam oven terlebih dahulu. Semprotkan cairan pembersih ke bagian dalam oven. Pastikan anda sudah memakai pelindung tangan agar tidak terkena bahan kimia yang terdapat pada cairan pembersih ya.

Diamkan selama beberapa menit sesuai instruksi pada cairan pembersih agar noda yang menempel bisa hilang. Setelah beberapa lama, lap bagian dalam oven dengan kain lembab atau tisu dapur yang lembab.

Pastikan Anda mengelap seluruh bagian oven dan celah-celah agar tidak ada lagi cairan pembersih yang tersisa di dalam oven. Jangan lupakan pada bagain rak, karena sering kali area ini tidak maksimal pembersihannya. Cara membersihkan oven satu ini lebih cepat karena memakai sabun cuci khusus.

Baca Juga  Pilih kompor freestanding atau kompor tanam? Lihat kelebihan dan kekurangannya di sini

Manfaatkan Soda Kue dan Cuka

JIka tidak ada pembersih khusus, pakai cara membersihkan oven dengan memanfaatkan bahan dapur.

Buatlah pasta dari campuran soda kue dan air. Gunakan campuran sekitar 90 gram soda kue dengan 3 sendok makan air. Pastikan konsistensinya tepat, tidak terlalu encer dan tidak menggumpal. Jika oven yang Anda gunakan besar, buat lebih banyak pasta soda kue, ya.

Oles pasta yang sudah Anda buat ke seluruh bagian dalam oven. Ingat, sebelum mengoleskan ke bagian dalam oven, keluarkan rak-rak oven terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan kuas bersih untuk mengoleskan pasta soda kue. Diamkan semalaman atau minimal sekitar 12 jam.

Bersihkan Dengan Cairan Pencuci Piring

semprot dengan cairan pencuci

Bersihkan rak oven dengan cairan pencuci piring. Jika terdapat noda membandel, Anda juga dapat mengolesi pasta soda kue pada rak oven. Gunakan lap basah yang bersih untuk membersihkan sisa pasta soda kue.

Semprotkan bagian dalam oven dengan cuka dan air. Gunakan sekitar 1/2 cangkir cuka dan 2 cangkir air dan masukkan ke dalam botol semprot. Sisa soda kue yang menempel pada oven akan bereaksi dan akan memudahkan kita untuk membersihkan bagian dalam oven.

Lap Dengan Kain Basah atau Lembab

cara membersihkan oven dengan lap

Lap sisa soda kue dan cuka dengan lap basah atau dan bersihkan sisa kotoran yang menempel. Setelah itu keringkan.

Baca Juga  3 Ukuran Kusen Aluminium Yang Wajib Anda Tahu

Membersihkan tanpa mengangkat berhasil mengangkat sisa kotoran bukanlah pekerjaan yang tuntas. Jadi tuntaskan itu dengan finishing yang baik.

Jika oven Anda rusak dan ingin membeli baru, Anda bisa mendapatkannya di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis oven berkualitas baik bertenaga listrik maupun gas dengan berbagai ukuran.

Perhatikan Jenis Oven

Perhatikan jenis oven yang Anda punya di rumah. Semakin kecil oven yang Anda punya akan semakin mudah dan cepat waktu pembersihannya.

Namun jika oven kecil, tentu tidak bisa langsung memanggang kue kering dengan banyak, ya.

Pastikan ovenmu sudah bersih sebelum digunakan dengan cara membersihkan oven tadi, agar makanan yang kita panggang tetap sehat dan tidak tercampur kotoran di oven.

Itu tadi cara membersihkan oven yang mudah dan tidak butuh waktu lama, semoga bermanfaat qhomelovers!

Jika ingin mengganti oven di rumah dengan oven baru yang lebih besar atau oven tanam, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis dan ukuran oven sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbelanja lebih mudah melalui website Qhomemart atau hubungi kami via whatsapp 0811-2863-773

5/5 - (5 votes)

Baca Juga  5 Langkah Acian Dinding Yang Benar, Buat Dinding Rata Dan Halus.

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini