Shop

Mengenal Lisplang : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Hingga Jenisnya

Lisplang adalah bilah papan yang dipasang pada pinggiran atap. Fungsinya sebagai elemen arsitektur yang ada di sudut-sudut langit bertemu dengan dinding. Peran lisplang juga menyembunyikan rangka atap yang terlihat, sehingga terlihat rapi.

Lisplang, meskipun terkadang dianggap sebagai detail kecil dalam desain interior, memiliki peran penting dalam menentukan keseluruhan estetika dan keindahan ruang.

Artikel ini akan menjelaskan fungsi lisplang, jenis-jenisnya, dan bagaimana memilihnya untuk menciptakan tampilan yang elegan di berbagai ruangan.

Apa Saja Fungsi Lisplang?

contoh lisplang grc

Lisplang, atau juga dikenal sebagai cornice, adalah elemen arsitektur yang ditempatkan di sudut tempat langit-langit bertemu dengan dinding. Fungsinya bukan hanya estetis, tetapi juga memiliki beberapa tujuan praktis

1. Menyamarkan Sambungan Dinding-Langit-langit

Lisplang digunakan untuk menyamarkan sambungan antara dinding dan langit-langit, memberikan tampilan yang bersih dan rapi.

2. Menambah Dimensi dan Karakter pada Ruangan

Desain dan bentuk lisplang dapat menambah dimensi visual pada ruangan, memberikan karakter dan gaya khusus.

3. Memberikan Sentuhan Dekoratif

Lisplang sering kali dijadikan elemen dekoratif dengan ornamen atau desain yang rumit, memberikan sentuhan elegan pada ruangan.

Baca Juga  Ini 6 Keramik Tangga Tidak Licin Terbaik Untuk Tangga Rumah Anda!

4. Menyembunyikan Pemasangan Alat Pemantik Lampu atau Tirai

Dalam beberapa kasus, lisplang dapat menyembunyikan pemasangan alat pemantik lampu atau sistem penahan tirai, menciptakan tampilan yang lebih bersih.

5. Meningkatkan Estetika

Lisplang dapat meningkatkan nilai estetika, dengan rapinya bagian atas bangunan. Ini membuat hunian terlihat terisi dan tidak flat. Lisplang menambah value estetika lebih menarik, secara tidak langsung ini juga meningkatkan nilai jual.

Bahan Pembuat Lisplang

lisplang 1

Lisplang dibuat dari berbagai jenis bahan/material yang bisa anda pertimbangkan sesuai kebutuhan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, diantaranya :

1. Lisplang Kayu

Lisplang kayu banyak digunakan terlebih untuk rumah-rumah bergaya jawa. Ini membuat lisplang memiliki unsur estetika tradisonal yang tinggi.

Umumnya gaya yang dipakai ialah bahan dasar kayu modern, motif dan polos.

Kayu yang dipakai biasanya yang kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca, karena pasti akan terkena air. Maka dari itu dipakai kayu jati, meranti, bengkirai dan sebagainya karena kekuatan yang bagus.

2. Lisplang Beton

Salah satu kelebihan dari beton adalah daya tahan tinggi, hal ini juga berlaku untuk lisplang beton. Dapat bertahan di segala kondisi cuaca baik hujan maupun panas.

Lisplang ini nampak mewah dengan gaya klasik hingga unfinished. Pembuatan lisplang ini bisa secara manual atau precast (memakai cetakan).

Pembuatan dengan precast dinilai lebih cepat karena sudah berbentuk dan tinggal pasangf saja. Selain itu, lisplang beton juga dapat dimanfaatkan sebagai talang air ketika hujan. Menarik bukan?

Baca Juga  Jasa Service Sanyo Jogja di QHome Service Center

3. Lisplang Metal

Metal dapat menjadi altenatif dari bahan kayu, mengingat bahan yang semakin lama dan mahal. Metal menawarkan harga yang lebih ekonomis dengan kualitas tetap baik.

Umumnya memakai galvanize serta galvalum sebagai bahan pembuat lisplang metal, namun yang tahan karat adalah yang galvalum.

Kesan metal yang minimalis terbentuk dari bahan materialnya, tipis namun mengkilap dan bersih. Meski tipis, materialnya sangat kuat sehingga cocok untuk jangka panjang.

4. Lisplang GRC

Lisplang GRC (glass reinforced concrete) dibuat dari material beton yang dicampur dengan campuran bahan serat kaca. Itu sebabnya, GRC sering kali disebut “beton ringan” oleh masyarakat.

Lisplang jenis ini memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis lain seperti ketahanannya terhadap api, tidak memerlukan perawatan khusus, tahan segala cuaca dan lain sebagainya.

Pilihan Karakteristik Lisplang

LISPLANG
Foto : rapi-rumahku.blogspot.com

Sebagai bagian penting dari estetika sebuah bangunan, Lisplang juga memiliki beberapa karakteristik yang bisa anda sesuaikan dengan fungsi rumah. Diantaranya adalah :

  1. Lisplang Klasik:
    • Memiliki desain dengan ornamen rumit dan detil klasik yang sering ditemukan dalam gaya arsitektur tradisional.
  2. Lisplang Minimalis:
    • Sederhana dan bersih dalam desain, cocok untuk ruangan dengan gaya minimalis atau modern.
  3. Lisplang Kontemporer:
    • Kombinasi antara elemen klasik dan modern, menciptakan tampilan yang berkelas namun tetap sesuai dengan tren terkini.
  4. Lisplang Berwarna:
    • Lisplang dapat dicat atau diberi warna yang kontras dengan langit-langit atau dinding, menonjolkan keberadaannya sebagai elemen dekoratif.
Baca Juga  Door Closer Terbaik 2024 Mulai Harga 200 Ribuan di Qhomemart

Tips Pemilihan Lisplang untuk Desain Interior yang Elegan:

  1. Sesuaikan dengan Gaya Desain Ruangan:
    • Pilih lisplang yang sesuai dengan gaya desain interior ruangan, apakah itu tradisional, modern, atau campuran kontemporer.
  2. Perhatikan Ketinggian Ruangan:
    • Lisplang dengan desain yang rumit mungkin cocok untuk ruangan dengan langit-langit yang tinggi, sementara desain minimalis lebih cocok untuk ruangan berketinggian rendah.
  3. Pertimbangkan Bahan dan Finishing:
    • Pilih bahan dan finishing lisplang yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan ruangan. Misalnya, lisplang kayu untuk tampilan yang hangat atau lisplang gipsum untuk keanggunan yang ringan.
  4. Kreatif dengan Penempatan dan Kombinasi:
    • Bermainlah dengan penempatan lisplang atau menciptakan kombinasi lisplang yang berbeda untuk memberikan tampilan yang unik dan menarik.

Dengan memahami fungsi, jenis, dan tips pemilihan, lisplang dapat menjadi elemen kunci dalam menciptakan desain interior yang elegan dan penuh karakter. Pilihan yang bijak dalam lisplang dapat memberikan sentuhan akhir yang membedakan dan mempercantik setiap ruangan.

Mencari lisplang dengan banyak pilihan? Menginginkan lisplang dengan bahan material tentu? Temukan di supermarket bangunan qhomemart. Bisa beli online dan pengiriman ke seluruh indonesia.

Perlu penjelasan produk lebih dalam?

Anda juga bisa tanya informasi seputar produk tersebut di supermarket bangunan qhomemart karena tersedia disini. CS kami dapat menjelaskan secara detail dan perkirakan ekspetasi kebutuhan anda. (Tanya-tanya ke CS Gratis)

Whatsapp Store (online) : 0811-2863-773

Jam Buka & Operasional : 08.00-21.00 (Setiap Hari)

Alamat Offline: Jl. Raya Janti Ringroad Timur No.96, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Ayo segera transaksi!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini