Dekorasi

Mengenal Kerajinan Makrame yang Cantik

Kerajinan makrame kini mulai marak digunakan di berbagai rumah minimalis. Kerajinan macrame dinilai unik dan memiliki seni yang tinggi. Tidak hanya sebagai hiasan dinding, kerajinan tangan makrame pun banyak digunakan untuk keperluan lainnya dan tidak hanya digunakan sebagai hiasan. Belakangan ini seni kerajinan makrame pun mulai ngetren dan banyak diminati oleh masyarakat sebagai hiasan dinding. Namun, sebenarnya apa sih makrame itu? Yuk kenali kerajinan makrame dan lihat berbagai jenis makrame yang bisa digunakan di rumah melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu Seni Makrame?

Seni kerajinan tangan makrame telah dikenal sejak lama. Seni kerajinan tangan makrame adalah salah satu seni yang dibuat dengan menggunakan tali atau benang. Cara membuat makrame adalah dengan menjalin tali untuk dibuat berbagai simpul dasar dan variasi yang dikombinasikan untuk menciptakan suatu rangkaian bentuk yang memiliki nilai seni.

Seni kerajinan tangan makrame bisa menghasilkan banyak jenis hasil karya mulai dari hiasan dinding, ikat pinggang, penghias gerabah atau keramik, tas, keranjang, pot tanaman, gorden, gelang, topi, taplak meja, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Trik Menata Kamar Tidur Utama

Sejarah Seni Makrame

kerajinan makrame
source: cochicstyling.com

Seni makrame adalah seni tradisional yang berasal dari tradisi ikat simpul para penenun dari Arab sekitar abad ke-13. Perajin tenun dari arab tersebut memiliki kelebihan benang ataupun tali pada tepian kain yang dijahit dengan tangan seperti handuk, syal, maupun kerudung. Simpul-simpul yang mereka buat terlihat indah dan kemudian menjadi sebuah tradisi.

Macrame berasal dari kata serapan dalam bahasa Arab, migramah, yang berarti pinggiran ornamen atau sulam tepi kerudung. Makrame pun telah dikenal secara luas mulai dari Spanyol, Inggris, hingga ke Tiongkok. Ada kemungkinan bahwa seni kerajinan tangan makrame ini muncul pertama kali di China pada Periode Negara Perang (481-221 SM) atau mungkin pada masa kekuasaan Dinasti Utara (581-317 SM). Warga Tiongkok pun memanfaatkan simpul indah ini untuk menghiasi pinggiran pakaian, lukisan, hingga hiasan dinding.

Berbagai Macam Hasil Kerajinan Tangan Makrame

Seni makrame adalah seni kerajinan tangan yang cukup luas. Karya yang dihasilkan dari teknik makrame dapat digunakan bermacam-macam. Selain memiliki fungsi yang variatif tergantung hasil karya dari makrame, hasil karya makrame pun sangatlah indah dan cocok untuk menghiasi rumah minimalis Anda.

Kerajinan Makrame untuk Hiasan Dinding

kerajinan makrame 5
source: diys.com

Hiasan dinding makrame sangatlah populer dewasa ini. Seni menyimpul tali temali ini dapat membuat berbagai hiasan dinding yang cantik dan juga unik. Pemilihan warna benang dan juga bentuk pola yang beragam dapat membuat hasil dari tiap kerajinan menjadi berbeda dan lebih personal. Hiasan dinding makrame ini sangat cocok untuk ditempatkan di area ruang tamu, kamar tidur, maupun dapur.

Baca Juga  6 Cara Terbaik Untuk Improve Ruang Makan Ala Cafe Anda.

Jika Anda penggemar desain bohemian, menggunakan hiasan dinding makrame sangatlah cocok untuk tema bohemian di rumah Anda. Rumah minimalis sederhana pun sangat cocok untuk diberi hiasan makrame seperti ini. Sebaiknya pilihlah warna cat dinding yang netral dan polos agar hiasan makrame yang akan Anda pasang dapat lebih terlihat.

Kerajinan Makrame untuk Wadah Pot

kerajinan makrame
source: linenchest.com

Membuat makrame untuk dijadikan sebagai wadah pot gantung adalah salah satu cara untuk memiliki pot gantung yang terlihat cantik dan estetis. Paduan warna makrame yang dipilih sebagai wadah pot gantung dengan tanaman hijau yang segar tentu dapat membuat rumah Anda terlihat lebih indah.

Pot gantung cocok untuk ditaruh di area teras rumah minimalis Anda. Jika Anda menyukai tanaman hias indoor, Anda juga bisa menggantung tanaman hias indoor di dalam rumah Anda. Tampilan rumah Anda menjadi lebih segar dan juga unik, bukan?

Kerajinan Makrame untuk Gantungan Kunci

kerajinan makrame
source: craft.ideas2live4.com

Ingin memiliki gantungan kunci yang unik dan tidak biasa? Membuat gantungan kunci dengan menggunakan seni makrame ternyata dapat menjadi salah satu pilihannya lho. Anda bisa memesan gantungan kunci makrame sesuai dengan desain yang Anda suka.

Jika Anda ingin mencoba membuat makrame, membuat gantungan kunci yang kecil sebagai salah satu latihan untuk membuat makrame bisa Anda lakukan lho. Gantungan kunci makrame juga cocok untuk dijadikan sebagai hadiah bagi teman maupun dijadikan sebagai souvenir pernikahan unik.

Baca Juga  6 Inspirasi Motif Tirai Kamar Mandi yang Cantik

Kerajinan Makrame untuk Dudukan Ayunan

kerajinan makrame
source: hip2save

Siapa yang suka bersantai sambil duduk-duduk di ayunan? Tau nggak sih, ternyata dengan tali temali yang disimpul dengan indahnya dapat dijadikan sebagai ayunan makrame yang cantik lho! Pastikan Anda menggunakan tali yang kuat dan telah menyimpul dengan kuat agar ayunan tersebut lebih aman untuk digunakan. Bagaimana, tertarik untuk memiliki ayunan dari kerajinan makrame?

Yuk lengkapi kebutuhan rumah Anda seperti dekorasi, furniture, dan lain sebagainya dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah seperti bahan bangunan, lantai, atap, perlengkapan dapur, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini