Tips & Trick

6 Perbedaan AC Split dan Inverter Paling Utama

Perbedaan ac split dan inverter dapat dilihat dari konsumsi energi, freon, kinerja kompresor hingga tingkat kecepatan dingin. Mana yang anda pilih?

Banyak dari kita ketika membeli ac mungkin hanya melihat merk saja tanpa mengetahui sedikit apakah itu jenis inverter dan split. Padahal, mengetahui ini penting karena banyak pengaruh, salah satunya dari sisi konsumsi energi.

Untuk itu, artikel ini memberi penjelasan tentang perbedaan ac split dan inverter, agar kita lebih mengenali teknologi tersebut dan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kinerja Kompresor

Arti AC Split dan Inverter

Kompresor ibarat jantung, bagian ini yang menghasilkan atau membuat hawa dingin daripada ac. Nah, terdapat perbedaan ac split dan inverter pada bagian cara dan mekanisme kinerja kompresor.

Pada jenis split, akan langsung beroperasi penuh ketika switch on dinyalakan pertama kali serta bekerja sesuai suhu ruangan. Apabila suhu ruangan tinggi, maka kinerja kompresor akan berputar tinggi. Ketika suhu merendah ia akan mati secara otomatis. Siklus mati-hidup ini membuat tegangan puncak serta fluktuasi suhu lebar, ini yang membuatnya menghabiskan banyak daya.

Sementara jenis inverter, ia akan memakai kompresor tetap menyala namun dengan arus listrik yang bisa disesuaikan.

Tingkat Kecepatan Pendinginan

Ac inverter punya kemampuan lebih cepat mendinginkan ruangan daripada ac split.

Baca Juga  7 Kesalahan Membangun Rumah Kontainer Yang Harus di Hindari

Hal ini karena jenis inverter punya kapasitas pendinginan lebih besar daripada split. Disisi lain, ac inverter mampu mempertahankan suhu dingin yang dinginkan secara konstan. Ini berkat kompresor yang bekerja terus menerus.

Freon yang dipakai

tanda freon ac habis 1
Foto: perbedaan inverter dan split juga dilihat dari freon

Freon berupa bahan pendingin ruangan yang dipakai pada ac.

Ada perbedaan ac split dan inverter dari jenis freon yang digunakan. AC inverter biasanya memakai ac yang lebih ramah lingkungan. Jenis freon R32 adalah yang umum dipakai. Disebut ramah lingkungan salah satunya karena tidak merusak lapisan ozon bumi.

Konsumsi Energi

Bisa dibilang, ac inverter membutuhkan daya lebih sedikit daripada ac split.

Jika kita lihat perbedaan ac split dan inverter dari sisi konsumsi energi llstik, ac split membutuhkan setidaknya 800 watt sementara jenis inverter hanya 225-900 watt. Dengan begini, potensi konsumsi dari inverter bisa lebih dihemat konsumsi listrik selama di set daya paling terendah.

Harga

perbedaan ac split dan inverter
Foto:  perbedaan ac split dan inverter

Dari segi harga juga terdapat perbedaan ac split dan inverter. Jika anda berkunjung ke toko atau supermarket yang menjual AC inverter dan split seperti qhomemart, diantara kedua jenis ac ini memiliki perbedaan harga.

AC split menawarkan harga lebih murah dari inverter. Namun, lebih tingginya harga dikarenakan ac inverter menawarkan kelebihan-kelebihan juga teknologi yang lebih ramah lingkungan

Baca Juga  8 Jenis Pelapis Kayu Untuk Furniture dan Sejenisnya

Kesimpulan

Dari perbedaan ac split dan inverter diatas, dapat disimpulkan bahwa AC model inverter memiliki daya lebih hemat juga ramah terhadap linkungan. Disisi lain, ac split menawarkan harga jauh lebih murah.

Dari perbedaan ini, mana yang qhomelovers pilih? Dapatkan berbagai varian AC terlengkap dan berkualitas hanya di Qhomemart. Melayani pengiriman ke seluruh indonesia. (whatsapp store: 0811-2863-773)

5/5 - (2 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini