DekorasiTips & Trick

Mengenal Plint Lantai Dari Kegunaan dan 5 Jenisnya

Kenalan dengan plint lantai untuk rumah. Ketahui mulai dari penjelasan detail, jenis plint, tipe hingga harganya. Simak dibawah ini!

Plint lantai kerap kali dilupakan pemakainya, padahal bagian inilah yang perlu dan tidak boleh luput dari perhatian. Jika berbicara mengenai dekorasi, kita berbicara banyak sekali bagian-bagian maupun celah-celah yang dijangkau, dari yang paling besar hingga ke bagian paling detail sekalipun.

Masalahnya, orang-orang kerap kali tidak memperhatikan hal-hal detail ini. Misalnya saja bagian plint lantai, elemen ini kerap kali diabaikan oleh para pendekor pemula ataupun bagi pemilik rumah. Padahal hal hal yang kecil juga berpengaruh sedikit banyak untuk tampilan.

Nah, lalu apa yang dimaksud plint lantai?

Mengenal Plint Lantai

Bagi anda yang belum tahu, Plint lantai merupakan elemen dekorasi pada lantai, biasanya dipasang pada bagian pinggir bawah pada sebuah susunan lantai. Karena itu, warna dari plint sering kali sama dengan warna dan corak lantai itu sendiri.

Jadi, tidak hanya dari pemakaian lantai keramik saja yang perlu diperhatikan, hal-hal detail seperti plint wajib anda ketahui demi memaksimalkan ruangan supaya jadi lebih nyaman.

Fungsi

plint lantai
via: pergo.be

Sebagai elemen dekorasi, plint tidak boleh luput anda gunakan lho homeowners.

Plint lantai punya beberapa kelebihan untuk ruangan anda, yang tidak hanya untuk kepentingan dekorasi tapi juga beberapa hal lain seperti :

  • Sudut lantai jadi terlihat lebih rapi
  • Melindungi bagian dinding paling bawah agar tidak mudah keropos
  • Sebagai lapisan yang melindungi dinding dari goresan-goresan
  • proses acian untuk dinding jadi gampang
Baca Juga  9 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

Walaupun fungsi utamanya adalah untuk dekorasi saja, namun secara tidak langsung itu juga membantu melindungi dinding dari beberapa permasalahan umum bukan?

Jenis Plint

plint lantai fleksibel
via: ebay france

Nah, jika anda berkunjung toko bahan bangunan yang menjual plint lantai seperti qhomemart , pasti akan disajikan dengan beberapa macam pilihan plint yang dibedakan berdasarkan bahan.

Masing-masing bahan ini sangat penting untuk anda ketahui, supaya pemilihan plint dapat dilakukan secara tepat dan menyesuaikan kondisi dari rumah, terlebih untuk area lantainya. Berikut beberapa jenisnya:

Plint Bahan Kayu

Elemen kayu bukan hanya sebagai furniture saja, ini bisa dipakai untuk lantai jenis kayu lengkap dengan plint lantainya. Kesan yang dimiliki oleh kayu dapat memberi sisi kenaturalan yang alami, juga bisa pula dipakai agar

Kelebihan memakai kayu itu banyak sekali lho homeowners, salah satunya bagaimana elemen kayu dapat meningkatkan nilai properti anda. Tampilan yang berkelas memiliki value yang tinggi untuk harga jualnya, sehingga juga menjadi investasi yang baik bukan?

Plint Bahan Alumunium

Jika menilik dari segi daya tahan, plint dari bahan alumunium lebih baik dari beberapajenis plint lantai lainnya. Seperti yang kita ketahui, bahan alumunium tidak mudah rusak dari beberapa kemungkinan yang terjadi, seperti serangan rayap ataupun jika itu terkena air.

Apalagi plint lantai memang dipakai didalam ruangan, anda bisa menggunakan plint bahan alumunium untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga  Desain Kamar Tidur Minimalis Sederhana untuk Ruang Sempit

Plint Bahan MDF

MDF atau (medium dentisy fiber) dibuat dari lembaran kayu yang kemudian melalui proses pemadatan. Kabar baiknya, jenis yang berbahan MDF punya harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang baik dan tampilan yang keren. Dengan kelebihan ini, anda bisa memakai bahan mdf untuk berbagai gaya dekorasi ruangan.

Plint Bahan Plastik

Banyak sekali pilihan desain dan model plint lantai dari bahan plastik, kondisi ini memungkinkan anda memakai mana yang paling tepat sebagai elemen penting pada dekorasi ruangan.

Disamping banyaknya pilihan model plint, bahan plastik juga dikenal akan daya tahannya yang sangat baik. Anda bisa memakainya juga untuk pemakaian jangka panjang. Dengan plint plastik, hal ini juga dapat dipakai untuk merapikan kabel-kabel rumah yang berserakan. Fungsional banget bukan?

Plint Lantai PVC

plint warna putih
via: aconcordcarpenter.com

Selain dipakai untuk plafon pvc maupun pipa air, pvc juga dipakai untuk plint lantai lho! Seperti halnya jenis yang alumunium, pvc juga tahan terhadap punya ketahanan yang baik terhadap rayap maupun air.

Jadi,ketika dinding anda rembes pada bagian bawah, ini bisa menghalau air untuk masuk. Untuk ukuran pvc plint banyak sekali jenisnya, mulai dari ukuran 6 cm hingga 10 cm dapat anda temui di toko-toko bahan bangunan dan perlengkapan rumah seperti qhomemart.

Harga Plint Lantai

qhomemart pusat belanja terlengkap
Qhomemart: tempat belanja plint lantai terlengkap

Untuk harga sendiri, masing – masing jenis plint punya harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Berikut informasi harga plint terbaru di Qhomemart.

Baca Juga  Qhome Design Stone Veneer: Hadirkan Hunian Berkelas!
Nama ProdukHarga
GRIGIO TRAVERTINO GP PLINT / 30X60 KW1Rp 440,000
POLY PLINT 6CM (CUSTOM) P-016Rp 133,900
 HOUSEPLINT IVORY 10X60Rp 58,000
HOUSEPLINT SILVER 10X60Rp 79,500
PLINT OAKWOOD BEIGE 20X60Rp 30,000
PLINT EBONY YELLOW 20X60Rp 30,000
Daftar Harga plint lantai di Qhomemart

Untuk itu, anda bisa cek harganya DISINI, konsultasi juga secara gratis lewat link tautan whatsapp dibawah

5/5 - (2 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini