9 Jenis Pintu Rumah Berdasar Materialnya

Aspek jenis pintu rumah itu juga penting untuk dipertimbangkan, jadi tidak melulu dari segi desain pintu saja. pemilihan jenis yang tepat akan mempengaruhi seberapa lama pintu rumah dapat digunakan. bahan pintu juga berpengaruh dalam menentukan dari kesan rumah itu sendiri, sehingga bahan menjadi aspek penting untuk anda ketahui. kalau anda berencana membeli dalam waktu dekat, artikel ini akan membantu anda memilih mana yang paling tepat untun dipakai. simak sampai habis ya!

Pintu Kaca

menggunakan jenis pintu rumah kaca membuat bangunan terlihat lebih modern. saat ini, sudah banyak berbagai segmen bangunan memakai pintu kaca, mulai dari perkantoran, store sampai ke perumahan pribadi.

pintu kaca memberi efek ruangan menjadi lebar, karena pandangan yang menembus ke area luar. selain itu, sinar cahaya matahari lebih mudah masuk, ini membuat ruangan anda lebih terang tanpa bantuan lampu.

memilih jenis kaca sedikit tebal tentu perlu, supaya tidak mudah pecah namun tetap aman ketika didobrak. kalau anda menginginkan sisi privasi namun tetap memakai material ini, tersedia juga pintu kaca untuk kebutuhan itu.

Pintu PVC atau uPVC (plastik)

pintu rumah pvc
via: catalog qhomemart

sering juga disebut pintu plastik, PVC juga dipakai untuk pintu lho homeowners! bahan ini sama dengan apa yang dipakai pada paralon plastik maupun tangki air.

Baca Juga  6 Cara Untuk Membuat Kamar Mandi Simple Jadi Nampak Menawan

Karena berbahan plastik, pintu lebih ringan dari segi bobot. memasangnya tentu lebih mudah karena tidak berat.

namun jenis pintu rumah PVC tidak begitu cocok untuk dipakai pada pintu depan, lebih banyak orang memakai ini untuk kamar mandi. alasan itu juga didukung karena plastik cenderung lebih lemah untuk ukuran pintu depan.

Pintu FiberGlass

menurut wikipedia, fiberglass dibuat dari serat – serat kaca yang ditarik menjadi serat tipis. walau begitu, material ini memiliki rasio kekuatan berat yang baik. anda bisa memakainya sebagai pintu utama karena punya berbagai kelebihan seperti ketahanan terhadap cuaca, anti korosi hingga dari ketangguhan materialnya itu sendiri.

teknologi yang terus dikembangkan membuat material ini layak diperhitungkan, itu sebabnya juga hadir dalam bentuk jenis pintu rumah.

desain pintu fiberglass juga bervariasi, bangunan tentu terlihat lebih berkelas, dan anti mainstream mengingat banyak bangunan rumah masih menggunakan pintu kayu.

Pintu Alumunium

bobotnya yang ringan membuat jenis pintu rumah aluminum banyak digunakan pada bangunan – bangunan berlantai.

tanpa banyak perubahan, tampilan pintu aluminium terlihat lebih elegan dengan warna modern yang dimiliki, seperti chrome contohnya.

Pintu Kayu

jenis pintu rumah

seperti yang kita tahu, bahwa ada banyak sekali jenis papan kayu yang dapat digunakan. jenis pintu rumah kayu sudah umum digunakan, coba lihat pada rumah anda ataupun ketika anda berkunjung kerumah saudara ataupun teman.

Baca Juga  9 Model Rak Piring Gantung Simpel Untuk Dapur Cantik

pintu kayu menjadi favorit karena banyak aspek pendukung yang bisa dimanfaatkan, apakah dari kekuatannya, ragam warna, tekstur belum lagi anda bisa mempercantik tampilan pintu lebih baik lagi dengan cara finishing kayu.

pintu kayu punya banyak desain dan variasi, sudah banyak produsen pembuatnya, menghasilkan ragam desain pintu kayu yang dapat dipilih sesuai dengan tema.

Pintu Baja

kekuatan jenis pintu rumah baja jadi daya tarik utama. biasanya, alasan besar orang memilih jenis pintu ini ialah dari aspek keamanan. bahkan dibanding dengan material besi, baja memiliki powerfull lebih dari segi ketahanan.

jika menilik perbandingan dari besi murni, baja menang atas 1: 1000. itu karena, kandungan karbon didalam baja yang punya daya tarik serta tingkat kekerasan lebih baik.

selain pintu rumah, penggunaan pintu baja sering juga dipakai untuk kebutuhan – kebutuhan tertentu, seperti brankas, pintu darurat bencana alam maupun beberapa penggunaan sejenis.

Pintu Panel

pintu rumah panel
via: commodore pennysilvania

pintu panel merujuk pada bahan pembentuk seperti MDF , DF hingga blockboard. pintu panel banyak dipilih karena termasuk pintu yang berkualitas dengan harga relatif lebih terjangkau.

tampilan modern dari pintu panel mendukung bangunan terlihat lebih segar dan tidak membosankan. menarik ya?

Pintu Besi

jenis pintu rumah besi lebih sering digunakan pada area luar rumah, seperti untuk pintu garasi, pintu gerbang depan rumah ataupun beberapa penempatan lain. material besi sangat kuat dan efektif melindungi ancaman – ancaman dari luar.

Baca Juga  5 Langkah Simpel Plamir Tembok Supaya Rumah Seperti Baru!

juga, tentu anda sudah tahu juga bagaimana kekuatan besi yang tahan terhadap benturan. namun untuk pintu utama, besi dirasa terlalu berat apalagi jika tingkat pemakain yang sering.

cek juga jenis pintu rumah paling lengkap DISINI, belanja secara offline maupun online lebih mudah melalui whatsapp kami


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini