Kenapa Pondasi Batu Kali Kerap Dipakai , Ini Kelebihannya!

Pondasi batu kali menjadi salah satu jenis yang kerap kali dipakai setiap awal pembangunan awal dilakukan. Lihat lebih detail mengenal jenis pondasi ini serta kelebihannya melalui penjelasan dibawah ini.

kalau bicara soal bangunan, pondasi adalah awal semua ini bermula. Melalui pondasi, bangunan – bangunan dapat berdiri lebih kokoh dalam jangka waktu lama. Bentuk dari pondasi sendiri juga berbeda – beda, ini ditentukan dari berat bangunan yang akan dibangun juga dari bagaimana kondisi tanah disekitar areanya.

Perencanaan pondasi bangunan perlu dillakukan secara matang. Hal ini tidak lain karena pondasi punya peran atau fungsi sebagai penopang beban keseluruhan dari bangunan , perencanaan yang baik akan menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh. Ini juga penting karena menyangkut aspek keselamatan dari penghuni itu sendiri.

Lalu, Apa Itu Pondasi Batu Kali?

contoh pondasi batu kali
via: this cob house

Pondasi batu kali merupakan jenis pondasi yang dibuat dari struktur batu kali yang disusun sedemikian rupa, sehingga menghasilkan calon bangunan yang lebih kokoh menopang bangunan diatasnya. Jenis pondasi ini lebih cocok untuk tipe bangunan berlantai satu , cara pembangunannya sendiri punya kedalaman 60 hingga 80 cm dengan lebar yang disesuaikan dengan kedalaman pondasi itu sendiri.

Baca Juga  Tips dan Trik Persiapan Memiliki Hunian Pribadi

Dari segi corak memang tidak memilliki terlalu banyak pilihan, tapi satu yang jadi kelebihan , multifungsi. Di sisi lain, batu kali juga memenuhi berbagai kebutuhan seperti untuk drainase , lansekap hingga pondasi seperti yang sedang kita bahas saat ini.

Kalau saat ini anda sedang merencanakan pembangunan bangunan, pondasi batu kali adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan. Jika menilik dari karakternya , ini bisa menjadi jawaban bagi yang supaya bangunan nantinya dapat dihasilkan lebih efisien , efektif dan tentu saja hemat dari pemakaian anggaran.

Kelebihan

pondasi batu kali
via: ahoy comics

pondasi batu kali punya beberapa kelebihan dibanding jenis pondasi bangunan lain. Mengetahui kelebihannnya bisa jadi bahan pertimbangan untuk memakai pondasi batu kali

1. Mempertahankan masa bangunan

Jenis pondasi ini sangat baik mempertahankan bangunan karena susunan yang kuat dan awet dipakai. Jenis lebih baik (dari segi kekuatan) jika dibanding beberapa tipe pondasi lain. Meski begitu, jenis pondasi ini tidak cocok untuk tipe rumah panggung

2. Tahan terhadap guncangan

Pondasi batu kali dapat menahan guncangan dengan tambahan teknik pemasangan beton cakar ayam , bored pile. Ini menghasilkan bangunan yang lebih tahan terhadap kejadian alam layaknya gempa atau getaran dari sekitar area bangunan. Di sisi lain, batu kali biasa dipakai untuk ketinggian kurang dari 10 meter untuk membuatnya lebih tahan gempat.

3. Pembangunan lebih singkat

Pengaplikasian pondasi batu kali dapat lebih cepat dibanding jenis pondasi lain. pemasangan jenis pondasi ini mirip seperti memasang batu bata pada umumnya, hanya saja dengan material yang berbeda. Di sisi lain, cara pemasangan memakai jenis pondasi ini memungkinkan proses pengeringan yang lebih cepat .

Baca Juga  Jual Lemari Jogja Terlengkap di Qhomemart

4. Konstruksi simpel

konstruksi lebih simpel jadi point lebih untuk pondasi rumah. Pembuatan konstruksi dapat pula dilakukan di tempat langsung dari lokasi proyek. Ini dimulai dari tahap penggalian , unsur perekat lalu kemudian dimulai tahap susunan batu kali. Dengan proses yang simpel dan sederhana, maka tidak terlalu diperlukan alat – alat khusus

5. Anggaran yang terjangkau

Pondasi batu kali sendiri memakai bahan – bahan maupun material yang tidak terlalu kompleks , tentu ini berpengaruh pada segi biaya yang dibutuhkan. Karena tidak terlalu kompleks, anda bisa mengaplikasiakan pondasi batu kali untuk beberapa bahan yang tidak terlalu

6. Dapat meminimalisir kebocoran

Satu poin penting yang bisa ditemukan dari jenis pondasi ini ialah seperti apa yang anda baca di poin nomor 6. Ini menjaga bangunan anda nantinya terhindar atau setidaknya meminimalisir dari berbagai gangguan – gangunan seperti banjir , jamur hingga beberapa jenis kebocoran lain.

7. Dapat di sesuaikan lebarnya

Jenis batu kali “batu belah” dapat digunakan sebagai bahan pondasi yang bisa menyesuaikan lebar mengikuti rancangan awal yang sudah ditentukan, hal ini memberi porsi beban dari pondasi dapat lebih dimaksimalkan.

Jenis batu kali tersebut juga sangat baik untuk dipakai pada pondasi menerus maupun pondasi tua, hal ini karena jenis batu ini (batu belah) berasal dari perut bumi pada muntahan dari gunung. Disisi lain , batu belah dapat dipecah untuk dipakai pada jenis pondasi rumah.

Baca Juga  Cara Membasmi Kecoa Paling Ampuh

Menarik ya homeowners , mungkin jenis pondasi ini yang anda cari selama ini? semoga bermanfaat ya! Cek juga harga kebutuhan bangunan lainnya DISINI.

Dalam kesempatan lain, yuk simak persiapan bangun rumah ala millenial lewat tautan video dibawah ini


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini