DekorasiIntermezo

Apa Itu Rumah Adat Aceh Krong Bade Dan 5 Fakta Menariknya

Rumah adat aceh – kekayaan budaya indonesia yang amat beragam tidak terlepas dari bentuk rumah masyarakatnya. ketika anda sedang berada di daerah aceh, rumah adat dari daerah ini wajib diketahui, mungkin anda berencana tertarik membangun jenis rumah khas aceh ini?

rumah adat aceh punya sebutan lain, yakni “rumoh aceh”. sedangkan nama sebutan rumah adat aceh adalah rumah krong bade, yang mana jenis rumah ini merupakan rumah asli dari daerah aceh, bagian paling barat dari negara indonesia.

zaman yang semakin modern menyebabkan keberadaan rumah krong bade semakin tergusur. ini jadi langkah penting untuk ikut melestarikan rumah adat aceh dengan membangun hunian menggunakan konsep ini.

padahal dari segi arsitektur, rumah ini memberikan desain yang unik dan menarik ketika dilihat dari luar. anda dapat berkreasi dengan memberikan beberapa sentuhan modern untuk membuatnya menyesuaikan dengan zaman.

Keunikan rumah adat aceh

rumah adat aceh
via steemit.com

rumah krong bade merupakan rumah adat khas dari provinsi aceh, ini jadi salah satu rumah yang punya arsitektur menawan , dengan ciri khas yang memiliki beberapa bagian yang menarik.

Baca Juga  Apa Itu Cooker Hood? Ketahui 3 Hal Ini!

beberapa keunikan dari rumah aceh yang belum tentu ditemukan di jenis rumah lainnya, diantara lain sebagai berikut :

Bentuk bangunan

rumah adat aceh punya bentuk yang khas, dimana ukurannya termasuk besar untuk hunian. ini dapat jadi jenis rumah yang cocok untuk menampung jumlah keluarga yang relatif lebih banyak.

tiang penyangga yang tinggi, memberikan kesan tampilan yang lebih gagah dari rumah adat aceh itu sendiri. jenis rumah ini juga memilki bentuk persegi panjang pada pengaplikasiannya.

Ruang penyimpanan

sebagaimana dapat dilihat, ruang penyimpanan terdapat pada bagian bawah rumoh aceh. biasanya digunakan untuk menyimpan hasil lumbung padi ataupun pertanian lain.

selain itu, terkadang area bawah sering digunakan untuk kegiatan menjahit khas dari aceh, ini biasa dilakukan oleh perempuan – perempuan sebagai bagian dari aktivitas keseharian.

Dibangun tanpa proses pemakuan

rumah dari aceh satu ini lebih mengandalkan tali pengikat dalam proses pembangunan. tidak seperti bangunan biasa lain,nyatanya rumah ini dapat berdiri kokoh dengan diikat menggunakan bahan serabut rotan, tali ijuk dan beberapa bahan hal lain.

Atap dari daun rumbia

atap dari rumah adat aceh bukan menggunakan atap genteng seperi rumah joglo, namun lebih menggunakan daun rumbia sebagai bahan pembuat atapnya.

daun rumbia sendiri merupakan pohon sagu penghasil tepung terigu. nah, rumah krong bade memanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai atap. wah, kreatif sekali ya homeowners.

Ukiran rumah adat aceh

Ukiran rumah adat aceh
gambar rumah adat aceh via pinterest.com

rumah adat aceh punya ukiran menarik yang menampilkan motif unik. perpaduan beberapa warnanya memberikan kesan khas tersendiri yang tidak didapatkan dari rumah lain.

Baca Juga  11 Rekomendasi Warna Cat Luar Rumah Yang Sejuk & Segar

ukiran menandakan status sosial

ukiran dari rumoh aceh juga menandakan status sosial dari penghuninya. semakin rumit, maka menandakan penghuni merupakan orang yang berada atau terpandang. berbeda jika rumah tidak memiliki ukiran, maka penghuninya dari kalangann biasa

Perpaduan warna yang menarik

selain ukiran, satu hal lain yang memberikan tampilan unik yakni mengguanakn perpaduan warna yang menarik pada pengaplikasiannya. ini memberikan kesan yang unik terlebih pada tampilan luar.

paduan warna kuning pada bagian dalam, kemudian dibalut merah pada list bagian pinggir. warna hijau dan putih ditambahkan untuk memaksimalkan tampilan dari rumah krong bade.

Fungsi rumah adat aceh

Fungsi rumah adat aceh
via WEKU

Sebagai jati diri aceh

sama seperti daerah lainnya, rumoh aceh atau krong bade berfungsi sebagai unsur identitas yang menggambarkan jati diri aceh, tentu lewat bentuk hunian.

rumoh aceh punya bentuk “kaki – kaki” atau tiang penyangga dibagian bawah yang sedikit lebih tinggi dibanding jenis rumah biasa pada umumnya. mungkin bias dibilang tingginnya menyerupai rumah dua lantai dengan “model” satu lantai.

Perlindungan dari hewan buas

mungkin anda bertanya – tanya kenapa rumah adat aceh punya konstruksi bawah yang tinggi. tidak lain, ini supaya menghindarkan penghuniannya terhindar dari binatang buas di masa lampau.

Komponen – komponen pada rumah adat aceh

komponen rumah adat aceh
via acehpungo

keunikan rumah adat aceh salah satunya didapat dari penggunaan beberapa komponen yang menarik. beberapa istilah dari masing – masing komponen perlu anda ketahui sebagai berikut :

  • bagian serambi depan disebut seuramoe-ukeu
  • bagian serambi belakang disebut seuramoe-likoot
  • bagian dapur disebut rumoh-dapur
  • bagian rumah induk disebut rumoh-inong
  • bagian teras disebut seulasa
  • bagian untuk menyimpan padi disebut kroong-padee
  • bagian gerbang rumah disebut keupaleh
  • bagian tiang penyangga disebut tamee
Baca Juga  Memilih Water Heater yang Aman dan Nyaman

cek juga harga kebutuhan rumah lainnya DISINI

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini