DekorasiTips & Trick

Tips Cara Membuat Bonsai Kelapa

Bercocok tanam adalah sebuah hobi yang menyenangkan. Berbagai tanaman dengan teknik tertentu pun dapat ditanam di rumah. Salah satunya adalah bonsai. Berbagai tanaman dapat dibuat menjadi bonsai, salah satunya adalah kelapa. Anda bisa mengikuti cara membuat bonsai kelapa untuk menambah koleksi bonsai di rumah.

Bonsai bisa diletakkan di mana saja. Anda bisa menghias taman depan rumah dengan bonsai. Anda juga bisa menaruh bonsai di area belakang rumah maupun di halaman samping jika Anda memiliki halaman samping. Namun sebelum membuat bonsai di rumah sebaiknya ketahui terlebih dulu apa itu bonsai, yuk.

Pengertian Bonsai

Bonsai adalah istilah dari bahasa Jepang yang berarti tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot yang dangkal. Tujuan dari pembuatan bonsai adalah membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar.

Cara Membuat Bonsai Kelapa di Rumah

cara membuat bonsai kelapa
source: ibonsaiclub

Setelah mengetahui apa itu bonsai, tentu Anda mulai bisa membuat bonsai. Pembuatan bonsai kelapa tidak terlalu mudah. Oleh karena itu tidak banyak orang yang bisa membuat bonsai kelapa sendiri. Jika Anda ingin membuat bonsai kelapa, sebaiknya simak beberapa tips cara membuat bonsai kelapa di bawah ini, yuk.

Baca Juga  4 Desain Kamar Tidur Sederhana yang Nyaman

Pilihlah Jenis Kelapa

Sebelum mulai membuat bonsai kelapa, jangan lupa untuk memilih jenis kelapa yang ingin Anda buat sebagai bonsai. Ada berbagai jenis kelapa yang dapat Anda jadikan sebagai bonsai.

Ada beberapa jenis kelapa yang sering dijadikan sebagai bonsai, yaitu kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Pilihlah jenis kelapa yang Anda suka untuk dijadikan sebagai bonsai di rumah.

Jenis kelapa gading merah, sesuai dengan namanya, memiliki warna yang merah kekuningan. Jenis kelapa gading susu memiliki warna yang keputihan, sedangkan untuk jenis kelapa albino memiliki warna putih yang lebih dominan jika dibandingkan dengan jenis kelapa gading susu.

cara membuat bonsai kelapa
cara membuat bonsai kelapa
source: palmtalk.org

Kriteria Bibit Kelapa yang Baik untuk Bonsai

Cara membuat bonsai kelapa berikutnya adalah dengan memilih bibit yang tepat untuk dijadikan bonsai. Bibit yang baik sangatlah berpengaruh terhadap proses pertumbuhan bonsai kelapa yang Anda miliki.

Bibit kelapa yang baik untuk dijadikan sebagai bonsai adalah buah kelapa yang sudah tua. Sebaiknya buah kelapa yang akan dijadikan bibit bonsai adalah buah kelapa yang dipeting langsung dari pohonnya. Buah yang langsung dipetik dari pohon akan lebih kuat dan tidak rapuh karena tidak terkena benturan tanah. Sebaiknya pilihlah buah kelapa dengan batok yang kecil namun memiliki banyak akar.

Posisikan Bibit Kelapa untuk Bonsai Anda

Dalam membuat bonsai kelapa, Anda perlu memperhatikan bagaimana Anda memosisikan bibit kelapa yang ingin Anda buat sebagai bonsai. Posisi bibit kelapa ini dapat memengaruhi bentuk bonsai kelapa pada saat tumbuh nanti. Apabila bibit kelapa Anda diletakkan secara vertikal, batok kelapa akan dikelilingi oleh akar. Namun, jika bibit kelapa Anda diletakkan secara horizontal, maka kelapa akan tumbuh membentuk menyerupai keong.

Baca Juga  Qhome Design Wood Cladding: Hadirkan Dinding Kayu Yang Natural

Setelah tunas kelapa tumbuh, Anda perlu membersihkan sabut kelapa. Cara untuk membersihkan sabut kelapa tersebut dapat dilakukan dengan mengupas batok kelapa tersebut. Sayatlah kelapa secara membujur mengitari batok untuk membersihkan sabut kelapanya. Sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam melakukan pembersihan sabut kelapa agar tidak mengganggu tunas yang baru tumbuh.

cara membuat bonsai kelapa
cara membuat bonsai kelapa
source: palmtalk.org

Siapkan Media Tanam untuk Bonsai Kelapa

Saat Anda ingin menanam bonsai kelapa, Anda perlu memerhatikan media tanam yang akan digunakan. Jangan lupa untuk menyiapkan pot yang sesuai dengan ukuran batok kelapa yang Anda ingin buat sebagai bonsai. Isilah pot tersebut dengan campuran tanah, air, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1.

Proses Pembentukan Bonsai Kelapa

Setelah Anda menanam kelapa tersebut, Anda dapat mulai membentuk bonsai kelapa. Sayatlah bagian tunas paling bawah bibit bonsai yang sudah tumbuh sepanjang 15 hingga 20cm. Sebaiknya Anda menyayat tunas yang sudah tua agar tunas muda tidak terganggu dan bibit bonsai kelapa tidak membusuk. Sebaiknya lakukan pula proses penyayatan ini minimal 3 kali sehari untuk membuat bentuk bonsai kelapa yang indah.

Setelah itu, Anda cukup merawat bonsai kelapa dengan baik. Berilah pupuk dan juga rawatlah dengan menyiram bonsai kelapa secukupnya. Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan air agar tidak mudah busuk. Bagaimana, mudah bukan cara membuat bonsai kelapa? Yuk buat di rumah

Baca Juga  5 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu yang Keren dan Menarik

Harga Bonsai Kelapa

Jika Anda merasa kesulitan menanam bonsai kelapa sendiri, Anda bisa membelinya di tukang tanaman maupun online shop. Harga bonsai kelapa pun bermacam-macam. Bibit bonsai kelapa dibandrol mulai harga Rp 50.000,- an di online shop. Untuk bonsai kelapa yang sudah cukup besar, Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 200.000,- an. Setelah Anda membeli bonsai kelapa, Anda cukup merawatnya dengan baik agar tanaman tersebut tidak cepat mati.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini