DekorasiTips & Trick

6 Desain Kolam Ikan Minimalis Menarik Beserta Harganya!

Kolam ikan minimalis – memelihara ikan banyak dilakukan oleh orang sebagai bentuk hobi maupun berbagai hal lain. satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari memelihara ikan, salah satunya adalah penggunaan model dari kolam ikan minimalis.

sejak dulu, ikan sudah banyak dipelihara oleh banyak orang. kebutuhannya pun beragam, mulai dari untuk jual beli, dipelihara lalu dimakan hingga digunakan sebagai hobi saja

baik dari berbagai kebutuhan tersebut, hal ini sama – sama membutuhkan suatu media tampung untuk digunakan sebagai tempat untuk hidup, tidak lain sebuah kolam ikan.

nah, memiliki kolam ikan minimalis jadi salah satu hal yang wajib ada pada sekitar hunian. lalu apa saja ya desain yang tepat untuk digunakan sebagai kolam?

Kolam ikan minimalis

1. Model Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

Kolam Ikan Minimalis
via freedsgn.com

penempatan paling mudah untuk kolam ikan minimalis salah satunya berada pada bagian depan rumah. bukan depan persis, melainkan area depan yang berada di pojok, area ini akan lebih memudahkan dari segi aksesbilitas sehingga keberadaan kolam ikan tidak akan begitu mengganggu.

jika anda punya sedikit area lahan depan yang lebih luas, mungkin ukuran kolam dapat dibuat sedikit lebih besar.

Baca Juga  Mengenal Plint Lantai Dari Kegunaan dan 5 Jenisnya

Lapisi dengan tanaman

sebagai unsur penyejuk, penggunaan tanaman bisa jadi komponen yang tepat untuk melengkapi adanya kolam ikan. hal ini terbukti dengan tampilan yang dihasilkan tidak pernah mengecewakan, dengan unsur yang hijau, tentu kolam akan tampil lebih ciamik.

Tempatkan pada pojokan

dari sini, terlihat bahwa penempatan pada area pojok memberikan tampilan yang menarik. disamping itu juga, keberadaannya pada area pojok tidak akan mengganggu jalannya aktivitas pada area depan ini. menarik bukan?

2. Kolam Ikan lapisan kaca

Kolam Ikan lapisan kaca
nqsurvey.com

kolam ikan minimalis juga menarik untuk menggunakan unsur kaca, terlebih sebagai penutup pada area sampingnya. dari sini, bentuk dan gerak – gerak ikan bisa dilihat dengan lebih jelas.

Percantik dengan pancuran di area tengah

selain sebagai penyuplai air, tempat pancuran juga bisa menjadi unsur yang memperindah area kolam. penempatan pada area tengah tentu menambah tampilan dari kolam itu sendiri, efeknya cipratan air tentu membuat untuk betah berlama – lama.

Gunakan kerikil atau batuan kecil

jangan kesampingkan tampilan pada area pinggiran kolam, karena sisi ini juga penting untuk didekorasi. cara mudahnya, anda bisa menggunakan kerikil – kerikil kecil untuk pengisi pada area ini. menarik ya?

3. Air terjun kolam ikan minimalis

Air terjun kolam ikan minimalis
via pinterest

penggunaan air terjun kolam ikan minimalis tentu menambah kesan yang timbul lebih indah. efek air yang jatuh ke kolam tentu membuat tampilannya menjadi lebih baik.

dari segi bentuk, anda dapat menggunaan jenis air terjun kolam dengan bentuk menyerupai batuan alam. hal ini memberikan tampilan yang baik untuk anda gunakan, terlebih penempatan pada area dinding

4. Kolam Ikan Indoor

Kolam Ikan Indoor
via trendir

tidak punya lahan untuk kolam ikan depan rumah? jangan berkecil hati dulu karena anda juga bisa menggunakan area dalam sebagai lahan untuk kolam ikan minimalis dalam rumah.

Baca Juga  4 Ide Desain Rumah Kayu yang Elegan

yang terpenting adalah pertimbangkan dari ukuran kolam, jika rumah cenderung lebih kecil, akan lebih baik jika tidak membuat kolam ukuran besar demi aksesbilitas dalam rumah yang lancar.

Perhatikan kebersihan

karena keberadaannya pada area indoor, memperhatikan kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan. jika diluar rumah, mungkin tidak terlalu masalah jika terdapat beberapa area yang kotor. nah, jika untuk area indoor akan sangat terasa walau sedikit saja beberapa area yang kotor.

5. Kolam ikan di tengah – tengah rumah

Kolam ikan di tengah - tengah rumah
via interior design ideas

punya rumah dengan area tengah yang kosong jangan anda sia – sia kan! ide yang bagus untuk menggunakan area ini sebagai tempat kolam ikan minimalis pada hunian.

keberadaanya ditengah – tengah tidak akan mengganggu ketika sedang beraktivitas dalam rumah. selain itu, hal ini juga cocok ketika anda ingin bersantai dekat kolam ikan namun membutuhkan privasi,tentu sangat tepat untuk penempatan pada area ini.

Gunakan penghias kolam ukuran besar

ukuran yang besar bisa mengisi space kosong pada beberapa bagian kolam, hal ini bisa dimanfaatkan untuk anda menggunakan beberapa komponen yang punya ukuran sedikit lebih besar seperti batu hias contohnya.

Tambah dengan batu pijakan

batu pijakan berfungsi sebagai anda untuk dapat berpindah ke area lain dengan melewati bagian tengah kolam ataupun pada pinggiraannya. penerapan hal ini memudahakan anda dari segi kemudahan akses pada area ini juga memperindah tampilan pada area ini.

6. Desain Kolam Ikan Minimalis Bentuk Bulat tidak beraturan

desain kolam minimalis tidak beraturan
via pinterest

biasanya bentuk dari kolam tidak jauh dari bentuk – bentuk umum seperti persegi panjang. hal ini karena bentuk tersebut lebih mudah dan simpel dalam dibentuk maupun diaplikasikan.

nah, tidak ada salahnya untuk anda menggunakan tampilan maupun bentuk yang tidak biasa, seperti pada desain gambar diatas. dari sini, tampilan dari kolam tentu akan jadi lebih unik untuk hunian anda

Baca Juga  Bahaya Polyester dan Bahan Lain untuk Kesehatan

ide yang bagus untuk anda menempatkan kolam ikan minimalis belakang rumah dengan menggunakan desain ini.

Percantik dengan ukuran kayu

unsur kayu dapat memperkaya tampilan untuk area kolam pada hunian. bentuk yang lebih minimalis dan akan sangat cocok untuk anda tempatkan pada area pinggirnya.

unsur kayu juga memberikan kesan yang natural untuk kolam, dengan hal tersebut tentu jadi kombinasi yang tepat untuk anda aplikasikan pada area ini.

Langkah Pembuatan Kolam Ikan Sederhana

dasar dari kolam ikan minimalis dapat dibentuk dengan sederhana, sisanya dapat digunakan sendiri beberapa tampilan sesuai selera. namun, untuk bentuk dasarnya bisa dibentuk melalui beberapa hal ini :

1. Siapkan lahan / tentukan lokasi kolam

2. Tentukan Desain Kolam

3. Pilih ukuran dari kolam ikan minimalis sesuai kebutuhan

4. Siapkan bahan – bahan yang dibutuhkan

5. Buat saluran pembuangan maupun penyuplai air (segala halnya)

6. Selesai

Biaya Pembuatan Kolam Ikan

jika sebelumnya membahas berbagai desain maupun langkah langkah dari pembuatan kolam, kali ini akan dibahas berapa biaya pembuatan kolam. nah, perkiraannya seperti ini :

1 bahan paralon kecil : Rp 25.000

2 Semen untuk menghaluskan beberapa area kolam (harga 1 sak semen) : Rp 50.000

3 Terpal (opsi jika menggunakan ini) ukuran 2 x 1 x 0.5 (a12) : Rp. 90.000

total harga perkiraan untuk kolam ikan minimalis sederhana : Rp 165.000

harga tergantung kota tempat tinggal atau bisa berubah rubah sewaktu – waktu

Kesimpulan

pengaplikasian kolam ikan minimalis untuk hunian tentu baik untuk anda aplikasikan. selain sebagai hobi memelihara ikan, tentu hal ini memberikan kesna yang santai pada rumah anda. dari segi budget pembuatan juga tidak terlalu mahal terlebih untuk ukuran yang sederhana.

nah, dari beberapa faktor diatas, pengaplikasian kolam ikan minimalis dapat anda terapkan dirumah. dengan beberapa kegunaan dari kolam, sehingga hal ini memberikan hunian yang lebih baik. semoga bermanfaat ya!

cek juga berbagai kebutuhan rumah lainnya dengan klik disini

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini