Intermezo

Yuk Kenali Jenis-jenis Pisau Potong Daging!

Pisau potong daging – Kebanyakan orang hanya menggunakan satu pisau untuk mengolah aneka makanan. Banyak pula yang tidak membedakan pisau yang digunakan untuk memotong daging maupun sayur dan buah. Padahal sebenarnya jenis-jenis pisau sangat banyak dan memiliki fungsi yang berbeda-beda lho.

Jenis-jenis Pisau

Pisau adalah benda penting yang wajib ada di dapur Anda. Sebaiknya belilah satu set pisau dapur agar dapat mempermudah Anda. Membeli satu set pisau dapur dapat membuat Anda memiliki beberapa jenis pisau yang lengkap dengan wadahnya. Selain itu Anda juga memiliki pilihan jenis pisau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan memotong makanan Anda.

Wadah 1 set pisau dapur pun sangat beragam. Anda bisa memilih wadah pisau dengan bahan kayu, plastik, atau pun aluminium. Pilihlah pisau set dengan wadah yang cocok dengan selera dan budget Anda. Tampilan wadah set pisau Anda dapat mempengaruhi interior dapur minimalis Anda.

Begitu sering pisau kita gunakan untuk memasak, namun apakah Anda sudah mengetahui jenis-jenis pisau yang ada? Yuk kenali beberapa jenis pisau serta kegunaannya!

Chef’s Knife

pisau potong daging chef's knife

Pisau jenis chef’s knife ini sangat sering Anda temukan. Pisau ini sangat serbaguna karena dapat digunakan untuk memotong apa saja. Chef’s knife banyak dijual di pasaran. Selain itu, pisau jenis ini memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu kecil atau pun besar. Pisau ini juga dapat digunakan untuk memotong daging meskipun agak sedikit sulit dan membutuhkan tenaga yang lebih besar.

Baca Juga  Lemari Minimalis Untuk Kamar Tidur Sempit

Paring Knife

paring knife
source: cluteryandmore.com

Paring knife adalah pisau berukuran kecil dengan panjang sekitar 10 cm hingga 17 cm. Pisau ini berfungsi untuk mengupas kulit buah dan sayur. Selain itu, paring knife juga dapat digunakan untuk mengupas udang dan mengeluarkan kotorannya.

Meskipun berfungsi sebagai pengupas buah dan sayur, pisau pengupas ini juga memiliki fungsi lain lho! Paring knife juga dapat Anda gunakan untuk memisahkan daging dengan tulangnya.

Bread Knife

pisau roti
source: cluteryandmore.com

Sesuai dengan namanya, pisau roti berfungsi untuk memotong roti. Pisau roti ini memiliki bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan pisau lainnya. Selain itu pisau roti juga memiliki bentuk yang datar.

Pisau ini memiliki sisi gerigi yang tajam. Bagian gerigi pada pisau ini memungkinkan Anda dapat dengan mudah memotong roti tanpa membuatnya hancur. Bread knife memiliki dua jenis pegangan, yaitu pegangan klasik dan pegangan offset. Bread knife dengan pegangan offset membantu Anda untuk mengiris roti dengan lebih mudah tanpa khawatir jari Anda akan terkena pisaunya.

Jenis Pisau Potong Daging

Meat Cleaver

pisau potong daging
source: knifecenter.com

Meat cleaver adalah jenis pisau potong daging yang sangat umum untuk digunakan. Pisau jenis ini berbentuk persegi, berukuran besar dan juga memiliki bobot yang cukup berat. Umumnya pisau jenis ini digunakan untuk mencincang makanan, sayur, dan memotong tulang daging yang besar karena bentuk pisaunya yang lebar.

Baca Juga  Tips Memiliki Rumah Minimalis dengan Anggaran Terbatas

Pisau potong daging jenis meat cleaver ini memiliki gagang yang lebih kokoh jika dibandingkan dengan jenis pisau yang lain. Tentunya hal ini sangat penting karena pisau ini digunakan untuk memotong daging dan juga tulang yang keras. Pada pisau ini terdapat lubang di bagian sudut pada ujung pisau. Tentunya hal ini memiliki fungsi dan tidak sekadar dekorasi.

Fungsi lubang pada sudut pisau potong daging ini adalah untuk mempermudah menggantungkan pisau Anda. Meat cleaver memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis pisau lain sehingga agak sulit untuk dimasukkan ke dalam wadah pisau bersama yang lainnya. Oleh karena itu, Anda bisa dengan mudah menggantungkan pisau meat cleaver di dapur Anda dengan bolongan pada ujungnya.

Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan magnetic knife holder yang bisa ditaruh di dinding pada dapur Anda untuk mempermudah Anda menaruh pisau-pisau milik Anda di dapur. Tentunya menata pisau potong daging dan pisau lainnya lebih mudah dengan magnetic knife holder.

pisau potong daging
source: etsy

Carving Knife

pisau potong daqing
source: cluteryandmore.com

Carving knife memiliki bentuk yang mirip dengan chef’s knife. Carving knife adalah jenis pisau potong daging yang berguna untuk memotong daging mentah, daging unggas, dan juga daging panggang yang dimasak besar. Pisau ini umumnya sedikit bergerigi dan memiliki ukuran 20 cm. Pisau jenis ini banyak dimanfaatkan untuk membuat irisan yang tipis.

Cimeter Knife atau Scimitar Knife

pisau potong daging
source: brenmarco.com

Cimeter Knife atau Scimitar knife adalah jenis pisau potong daging yang berbentuk agak melengkung. Umumnya pisau ini cukup tebal dan keras. Pisai jenis ini memiliki ketebalan mulai 1,5cm hingga 3cm. Panjang pisau scimitar ini sangat beragam, mulai 20 cm hingga 35 cm.

Baca Juga  Apa Itu Lilin Aromaterapi dan 5 Manfaat untuk Kesehatan

Pisau jenis ini sering digunakan untuk memotong daging dengan ukuran besar untuk dimasak menjadi steak. Selain itu, pisai ini juga dapat digunakan untuk menguliti binatang seperti sapi, kambing, domba, dan lain sebagainya.

Sharp Table Knife

pisau potong daging sharp table knife
source: aliexpress

Sharp table knife atau bisa juga disebut dengan steak knife adalah pisau khusus yang digunakan untuk makan steak yang sudah makan. Pisau ini berfungsi sebagai pisau potong daging steak di meja makan. Oleh karena itu pisau ini disebut sebagai sharp table knife karena umumnya diletakkan di meja makan saat Anda akan menyantap hidangan berupa steak.

Bentuk sharp table knife agak kecil dan juga tipis. Pisau ini juga memiliki gerigi yang dapat memudahkan Anda untuk memotong daging steak untuk kemudian Anda makan

Wah ternyata cukup banyak ya jenis pisau dan tentunya tiap pisau memiliki fungsi tersendiri. Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki pisau yang lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah?

Yuk lengkapi berbagai kebutuhan rumah Anda mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, perlengkapan dapur, furniture, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

.

4.8/5 - (5 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini