Kenali Akar Wangi, Tanaman dengan Berbagai Manfaat

Pernahkah Anda mendengar tentang akar wangi? Tanaman akar wangi cukup populer karena memiliki berbagai manfaat. Tumbuhan akar wangi dapat hidup sepanjang tahun. Tanaman ini telah dikenal sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini pun cukup banyak. Yuk kenali tanaman ini dan berbagai manfaatnya.

Apa itu Akar Wangi?

source: wikimedia

Akar wangi adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini masih satu famili dengan tumbuhan sereh atau padi. Tanaman akar wangi dapat tumbuh dengan subur pada ketinggian sekitar 700-1600 mdpl. Curah hujan yang baik untuk menanam akar wangi berkisar antara 1500-2500 mm setiap tahun dengan suhu lingkungan sekitar 17-27oC dengan pH sekitar 6-7.

Tanah yang cocok untuk menanam tanaman ini adalah tanah yang tidak terlalu padat. Jika tanah terlalu padat akan menyulitkan saat akar wangi akan dicabut untuk diambil akarnya karena bagian akar akan bisa menempel pada tanah. Waktu penanaman yang baik untuk tanaman ini adalah pada awal musim hujan dan dapat dipanen setelah tanaman berumur 8 bulan pada musim kemarau.

Akar dari tanaman ini juga dapat dikeringkan dan digunakan sebagai pengharum lemari

Manfaat Akar Wangi

source: attarayurveda.com

Tanaman akar wangi terkenal karena tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri atau vetiver oil. Minyak ini banyak digunakan untuk proses pembuatan parfum dan kosmetik. Selain sebagai pembuatan parfum dan kosmetik, akar wangi pun dimanfaatkan pula sebagai essential oil untuk dihirup wanginya. Manfaat essential oil akar wangi pun cukup banyak.

Baca Juga  Jual Meja Belajar Jogja

Mengatasi Insomnia

Minyak akar wangi memiliki sifat sedatif yang dapat membantu Anda merasa mengantuk lebih cepat. Menghirup aroma minyak akar wangi dapat

Meredakan Kecemasan

Harum dari akar wangi ternyata dapat digunakan untuk meredakan kecemasan. Hal ini karena minyak akar wangi memiliki senyawa yang dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks.

Mengandung Antioksidan

Akar wangi pun mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari stres oksidatif. Kandungan antioksidan ini dapat memaksimalkan fungsi tubuh dan membantu mencegah penuaan dini.

Anda dapat meneteskan beberapa tetes essential oil ke dalam diffuser sebelum tidur dan menggunakannya untuk membuat Anda lebih rileks saat tidur. Anda bisa mendapatkan alat diffuser hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini