Dekorasi

Desain Mushola Minimalis di Rumah

Beribadah dapat dilakukan di mana saja. Akan tetapi, memiliki mushola minimalis di dalam rumah yang khusus untuk ruang berdoa tentu akan membuat Anda yang beragama Islam merasa lebih nyaman. Pasalnya, di ruang mushola Anda bisa tidak mencampurkan area tersebut dengan kegiatan lain. Anda juga bisa berfokus untuk beribadah di dalam mushola.

Salat 5 waktu adalah kewajiban bagi setiap kaum muslim di dunia. Dalam beribadah tentunya Anda memerlukan konsentrasi dan kekhusyukan agar dapat lebih nyaman beribadah. Untuk itu, agar beribadah shalat 5 waktu menjadi semakin lancar, banyak kaum muslim yang memikirkan area untuk beribadah di dalam rumahnya.

Tentunya memiliki mushala di rumah tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh diri dan keluarga akan tetapi dapat pula dimanfaatkan oleh tamu muslim yang berkunjung. Anda tidak perlu repot menunjukkan arah jalan ke masjid bagi tamu Anda, apalagi jika rumah Anda tidak terlalu dekat dengan masjid. Mushala di dalam rumah menjadi sebuah kebutuhan yang cukup penting, bukan?

Apakah Anda sedang berpikir untuk memanfaatkan sebuah ruang untuk dijadikan sebagai mushala? Sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini untuk membuat ruang mushola di rumah.

Letak Mushola yang Strategis di Rumah

mushola minimalis
source: theisoc.com

Pilihlah lokasi mushola di rumah yang strategis. Lokasi strategis berarti Anda bisa memilih ruang mushola yang dekat dengan kamar mandi. Tentunya setelah Anda berwudhu akan lebih mudah bagi Anda menuju ke mushola yang berada di dekat kamar mandi, bukan?

Baca Juga  8 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Untuk Hunian

Pada rumah yang memiliki ruang cukup luas, Anda bisa menempatkan ruang mushola agak di area depan rumah dekat ruang tamu. Hal ini tentunya dapat memudahkan tamu Anda ikut sholat jika waktu beribadah telah tiba saat tamu masih di rumah Anda. Anda tidak perlu menyediakan ruang mushola yang terlalu luas, yang penting ruang tersebut dapat berfungsi sebagai ruang untuk beribadah.

Jika Anda tinggal di area yang cukup panas, sebaiknya pertimbangkan untuk menaruh kipas angin di mushola Anda. Jika tidak, Anda dapat memilih untuk menggunakan AC untuk meredakan panas di ruang mushola minimalis Anda.

Memberi Sekat Mushola Rumah

Jika ruang pada rumah minimalis Anda terbatas, Anda bisa memanfaatkan penyekat ruangan untuk memberikan ruang pada mushola. Tentunya mushola tidak memerlukan ruang yang besar. Anda bisa menyisakan ruang untuk sepasang sajadah agar setidaknya bisa menampung dua orang untuk shalat di mushola minimalis rumah Anda.

Penggunaan sekat tersebut juga dapat menjadi fleksibel dan membuat ruangan Anda multifungsi. Jika mushola sedang tidak digunakan, Anda bisa menaruh sekat menempel dengan dinding tanpa menyisakan sedikit pun ruang untuk shalat. Jika waktu beribadah tiba, Anda bisa kemudian menata ulang sekat dan juga sajadah sehingga dapat kembali menjadi mushala yang multifungsi.

Mushola Minimalis dengan Dekorasi

mushola minimalis
source: islamicartstore.com

Bagi Anda yang membuat ruangan khusus untuk mushola, Anda bisa mendekorasinya dengan berbagai hiasan dinding. Anda bisa memajang kaligrafi dengan surat yang Anda suka. Anda bisa memesan kaligrafi atau bisa juga mencari gambar kaligrafi yang bagus di internet kemudian dicetak dan ditaruh ke dalam pigura yang cantik.

mushola minimalis
source: newchic.com

Tidak hanya kaligrafi ayat suci Al Quran, Anda juga bisa memajang dekorasi dengan foto tanah suci di area mushola minimalis Anda. Memajang foto kabah dan tanah suci dapat menjadi motivasi bagi Anda kaum muslimin yang belum pernah pergi ke tanah suci. Bagi Anda yang sudah pernah menginjakkan kaki ke tanah suci, memajang gambar kabah dapat menjadikan obat rindu dan doa untuk dapat kembali menjejakkan kaki ke tanah suci.

Baca Juga  Kenali Jenis-jenis Selimut untuk Tidur Berkualitas

Sediakan Rak untuk Menaruh Quran

mushola minimalis
source: musliminc

Biasanya, lebih nyaman bagi beberapa orang untuk membaca ayat suci Al Quran di mushola. Untuk itu, penting bagi Anda menyediakan rak untuk menaruh Al Quran dan peralatan shalat lainnya di mushola minimalis Anda. Sebaiknya sediakan beberapa sajadah dan juga sarung serta mukena sehingga jika ada tamu yang berkunjung pun dapat meminjam peralatan shalat Anda. Selain itu, pastikan Anda sering mencuci sajadah, sarung, dan mukena tersebut karena jika tidak peralatan shalat tersebut akan kotor dan disukai oleh bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Bagaimana, sudah siap kah untuk membuat ruang mushola minimalis di rumah Anda agar beribadah jadi lebih fokus dan nyaman? Yuk lengkapi kebutuhan Anda dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, furniture, dan perlengkapan rumah lainnya lho.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini