Oven Gas vs Oven Listrik, Lebih Baik Mana?

Oven adalah salah satu peralatan masak yang wajib dimiliki. Terdapat oven gas maupun oven listrik yang dapat membantu Anda memanggang makanan yang Anda dan keluarga sukai. Anda bisa membuat kue kering kesukaan, maupun membuat lauk seperti ayam panggang, sapi, maupun berbagai jenis masakan lainnya.

source: stayathomemum.com.au

Anda bingung untuk membeli oven gas atau oven listrik? Sebenarnya apa saja sih perbedaan di antara keduanya dan mana yang lebih baik? Yuk simak sama-sama perbandingan kedua jenis oven tersebut.

Oven Gas

oven gas
source: qhomemart

Oven gas adalah oven yang banyak sekali digunakan. Sumber energi utama pada oven ini adalah energi gas yang dapat menghasilkan api. Umumnya ukuran oven gas lebih besar jika dibandingkan dengan oven biasa.

Kelebihan Oven Gas

Oven gas memiliki beberapa kelebihan. Oven yang menggunakan energi gas ini dinilai lebih hemat karena terdapat fitur valve pada oven jenis ini yang dapat membuat pemakaian gas menjadi tidak boros.

Oven gas memiliki perbedaan dengan oven listrik, yaitu tidak adanya panel untuk timer pada oven yang menggunakan energi gas. Akan tetapi oven jenis ini memiliki temperatur yang lebih presisi dan cocok untuk memasak dengan kematangan yang sempurna. Oven ini juga cocok untuk digunakan sebagai alat bisnis karena mampu digunakan untuk membuat masakan dalam jumlah yang banyak.

oven gas
source: qhomemart

Kekurangan Oven Gas

Mungkin ukuran oven yang menggunakan gas tidak bisa dibilang sebagai kekurangan, namun hal ini pun berpengaruh terhadap pilihan apakah akan menggunakan oven jenis gas atau listrik. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah dalam segi ukuran. Oven dengan gas umumnya berukuran besar dan membutuhkan ruang cukup untuk menaruh oven sekaligus tabung gas yang digunakan untuk memasak.

Baca Juga  Rekomendasi Merk Oven Terbaik

Ukuran oven jenis ini yang terbilang besar dapat membuat tampilan dapur di rumah Anda terlihat lebih sempit karena dipenuhi oleh oven. Namun jika Anda memiliki dapur yang cukup luas, maka hal ini tidak terlalu berpengaruh besar terhadap Anda.

Oven Listrik

Oven listrik seperti namanya tentunya menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas dan menyalakannya.

Kelebihan Oven Listrik

Ukuran dari oven listrik tergolong kecil dan mengusung konsep ergonomis. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki dapur yang tidak terlalu luas.

Oven listrik pun tidak membutuhkan ruang yang cukup banyak karena oven ini hanya mengandalkan listrik yang dapat dihubungkan dengan stop kontak. Oleh karena itu jika Anda menggunakan oven dengan energi listrik maka Anda tidak perlu menyediakan ruang untuk menaruh gas.

Oven listrik pun memiliki fitur fitur yang canggih. Dengan menggunakan oven listrik Anda bisa mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan dan Anda juga bisa mengatur timer agar oven dapat mati dengan sendirinya.

Kekurangan Oven Listrik

source: the home depot

Oven listrik memiliki kebutuhan daya listrik yang sangat beragam. Anda tidak bisa menggunakan oven listrik kapan saja, terutama saat pemadaman listrik karena sumber energi utama oven jenis ini adalah pada listrik. Jika Anda sedang memasak namun tiba-tiba terjadi pemadaman listrik pun akan menjadi sebuah masalah bagi Anda.

Baca Juga  Persiapan Memasang Plafon Rumah Minimalis Dan 6 Desain Terbaiknya

Selain itu, konsumsi listrik yang dibutuhkan oleh oven ini cenderung besar. Jika Anda ingin berhemat maka sebaiknya Anda menggunakan kompor ini hanya untuk kebutuhan pribadi dan keluarga. Komponen-komponen yang terdapat pada oven ini pun mudah rusak dantidak cocok untuk digunakan sebagai alat untuk memproduksi massal sehingga oven ini lebih cocok untuk keperluan pribadi.

Memilih antara oven gas dan oven listrik tentu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menghemat penggunaan listrik serta ingin memasak untuk keperluan massal, Anda bisa menggunakan oven gas. Akan tetapi jika Anda hanya menggunakan oven tersebut sesekali, Anda bisa menggunakan oven listrik untuk kebutuhan rumah Anda.

Anda bisa membeli berbagai jenis oven gas maupun oven listrik di Qhomemart, untuk memenuhi perlengkapan dapur di rumah Anda. Selain itu di Qhomemart juga tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, furniture, dan lain sebagainya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini