Tips & Trick

10 Jenis Kipas Angin dan Fungsinya

kadang kita jarang memperhatikan jenis kipas angin sesuai dengan kondisi ruangan kita, jadi ketika melihat kipas angin langsung saja melakukan pembelian. padahal, dengan memperhatikan jenis dari kipas itu sendiri, ini memberi sisi keoptimalan pemakaian, jadi fungsinya lebih maksimal dan tidak ada sia sia. nah, lalu apa saja jenis dari kipas angin itu sendiri? kenapa kita harus tahu dulu jenisnya? artikel ini akan membantu anda apa saja jenis jenis dari kipas mulai dari a – z, simak sampai habis!

menggunakan kipas angin sering dipergunakan sebagai alternatif dari air conditioner (ac), karena kipas lebih sederhana dan lebih terjangkau dari segi harga.

kipas angin sangat dibutuhkan pada area area dataran rendah maupun area perkotaan, yang umumnya banyak kendaraan, minimnya pohon, sehingga udara panas lebih mudah terbentuk.

menggunakan kipas angin adalah pilihannya. dan lebih dari itu, ada berbagai jenis kipas angin yang dapat anda gunakan, yang mana dapat menyesuaikan dengan kondisi ruangan.

berikut ini jenis jenisnya:

Kipas Angin Langit Langit

jenis kipas angin
via: 9to5toys.com

kipas langit langit merujuk pada proses pemasangan yang ada di langit langit rumah, juga termasuk salah satu yang populer pemakaiannya.

ya, jenis ini menempel diatas, sehingga tidak mengganggu space dibawahnya sama sekali.

Baca Juga  Tips Membersihkan Peralatan Masak

jika anda tinggal di rumah berukuran kecil, tentu lebih baik memakai kipas ini.

yang perlu diperhatikan ialah jumlah baling balingnya, jika itu lebih banyak suara yang dihasilkan cenderung tenang namun efek sirkulasi yang dihasilkan lebih sedikit. hal itu berlaku sebaliknya.

Kipas Angin Berdiri

kipas angin berdiri
via: honeywellstore.com

model kipas ini dapat berdiri dan ketinggiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, juga portabel dipindahkan kemana – mana.

karena bisa disesuaikan, arah angin dapat diatur sesuai area paling nyaman anda, dan ini yang tidak bisa ditemukan seperti pada kipas langit-langit.

disamping itu, kipas angin berdiri dapat memiliki kemampuan untuk berosilasi dan mendinginkan seluruh ruangan.

Kipas Tower

kipas angin tower
via: wayfair.com

jenis kipas angin satu inidinamakan sesuai bentuk fisiknya, yakni berbentuk tipis dan mengarah vertikal ke atas, bisa dibilang ini mirip layaknya tower.

kipas tower merupakan model kipas yang bekerja tanpa baling baling, dari sisi body tidak begitu banyak memakan space karena ramping dan tidak lebar seperti pada kipas angin umumnya.

Kipas Angin Meja/Desk

kipas angin meja
via: leekes.co.uk

kipas angin meja memiliki ukuran yang lebih kecil, juga sangat portable untuk penggunaannya. biasanya, jenis kipas angin ini hadir dalam bentuk yang lebih sederhana.

anda bisa menempatkan pada meja kerja atau belajar, dan hal itu tidak menimbulkan banyak kekacauan dan padatnya meja karena bentuk yang kecil.

bahkan, anda dapat membawanya saat beraktivitas outdoor, namun pastikan itu berbentuk tenaga baterai.

Baca Juga  7 Cat Terbaik Dengan Warna Unik Untuk Hunian Anda

Kipas Angin Lantai

kipas angin lantai
via: northern tools

seperti namanya, kipas angin lantai merujuk pada jenis yang penggunaannya ditempatkan pada lantai.

jenis ini datang dalam desain yang sederhana, juga dukungan standar dasar hingga jaring jaring logam.

kipas lantai dapat menghasilkan udara sangat kuat disekitar ruangan, namun sedikit bising dari proses kinerja yang dihasilkan

Kipas Kabut

kipas angin kabut
via: eventrentalsdc.com

jenis kipas angin kabut sebenarnya seperti kipas biasa, hanya saja pemakaian dikombinasikan semburan air kecil, nantinya ini yang disebut efek berkabut.

kipas angin menggabungkan daya kipas yang kuat dengan pompa air bertekanan tinggi.

dalam pengaplikasianya, ini mungkin akan menimbulkan efek basah sedikit lebih kecil, namun disitulah kelebihannya.

Kipas Angin Dinding

kipas dinding
via: warisanlighting.com

jika kita bahas kipas angin berdiri sebelumya, ia memerlukan tempat khusus untuk menempatkannya.

beda dengan jenis kipas angin dinding satu ini, penempatannya terbatas menempel di dinding, namun itu tidak akan mempengaruhi space dibawahnya serta menawarkan lokasi alternatif.

desain dari kipas angin dinding biasanya memiliki 3 bilah kipas yang ditutupi dengan jaring jaring logam, juga dapat meniupkan udara hingga 360 derajat.

Kipas Exhaust

exhaust fan jogja

kipas exhaust, atau biasa disebut exhaust fan sangat penting untuk meningkatkan kualitas udara serta menjaga suhu tetap ideal.

umumnya, jenis kipas satu ini kerap dipakai untuk menghilangkan kelembapan dan bau berlebih pada ruangan.

kami sudah membahas jenis jenis exhaust kipas dalam artikel “Jenis-jenis Exhaust Fan Jogja yang Cocok Digunakan di Rumah” berikut.

Baca Juga  21 Keramik Motif Kayu Terbaik Untuk Rumah & Harga Termurah 2024

Kipas Jendela

kipas jendela
via: pinterest

jenis kipas angin ini merujuk pada pemakaian kipas yang ditempatkan pada kusen jendela ataupun dinding rumah.

Kipas angin jendela akan mendorong udara ke dalam ruangan, disaat yang sama alat ini juga mengganti udara pengap didalam dengan udara segar dari luar.

tentu, ruangan akan lebih segar dengan proses pergantian ini.

kipas jendela hadir dalam berbagai ukuran, baik yang besar maupun compact. semakin besar ukuran, maka pengeluaran udara makin besar pula, ada baiknya ukuran kipas ditentukan dari seberapa besar ukuran ruangan itu sendiri.

Kipas Whole House

kipas whole house
via: airsmartfans.com

jenis kipas ini bertujuan untuk sistem pembuangan, yang berati mengeluarkan udara pengaap melalui ventilasi yang telah disediakan pada langit langit, serta menarik udara segar melalui ruang terbuka maupun pintu.

kipas whole house bekerja dengan memanfaatkan arus konveksi, dari sini udara panas naik dan udara dingin akan tenggelam. proses kerja jenis kipas ini tidak mendorong udara disekitar seperti pada jenis lain, namun lebih ke menarik udara.

qhomemart merupakan supermarket bangunan, kami memiliki ragam jenis kipas angin dari merk, kualitas serta jaminan barang original. belanja dan konsultasi dengan klik link tautan whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini