Dekorasi

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Listrik

Kelebihan dan kekurangan water heater listrik – Mandi air hangat di musim hujan tentunya dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks dan nyaman. Memiliki water heater di kamar mandi rumah Anda menjadi sangat perlu untuk membuat Anda lebih praktis menyiapkan air panas tanpa merebusnya terlebih dahulu.

kelebihan dan kekurangan water heater listrik
source: qhomemart

Apa itu Water Heater?

Water heater adalah pemanas air yang umumnya digunakan untuk memanaskan air di kamar mandi. Pemanas air ini menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi Anda yang suka mandi dengan air hangat. Apalagi jika Anda setiap hari suka mandi air hangat. Sebelum membeli water heater, yuk kenali jenis-jenis water heater yang ada di indonesia.

Jenis-Jenis Water Heater

Water Heater Gas

Water heater gas seperti dengan namanya, yaitu menggunakan gas sebagai sumber pemanasnya. Water heater jenis ini dapat memanaskan tanki 50 galon dalam waktu kurang lebih satu jam. Laju pemanasan water heater jenis ini juga lebih cepat dibandingkan dengan water heater listrik.

Kelebihan lain yang terdapat pada water heater gas adalah tidak bergantung terhadap listrik sehingga tetap dapat digunakan meski listrik padam. Akan tetapi, jika Anda menggunakan tabung gas dan gasnya habis, Anda harus mengganti tabung gasnya untuk dapat menggunakan water heater gas. Jika Anda sudah mahir memasang regulator ke tabung gas, maka hal itu bukan lagi menjadi sebuah kesulitan.

Baca Juga  12 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Paling Serasi

Solar Water Heater atau Pemanas Air Tenaga Surya

kelebihan dan kekurangan water heater listrik
source: instagram Qhomemart

Water heater jenis ini menggunakan energi dari sinar matahari yang ditangkap oleh solar cell di atas atap rumah. Energi panas dari matahari tersebut akan ditransfer menjadi listrik lalu kemudian dapat digunakan untuk pemanas air dalam rumah. Prinsip kerjanya mirip dengan water heater listrik, hanya sumber energi listriknya berbeda. Water heater listrik menggunakan listrik rumah yang biasanya dari PLN sedangkan solar water heater ini menggunakan matahari sebagai sumber listriknya. Energi panas diolah menjadi energi listrik yang kemudian digunakan untuk memanaskan air dalam tanki.

Water Heater Listrik

kelebihan dan kekurangan water heater listrik
source: instagram Qhomemart

Water heater listrik atau pemanas air elektrik ini adalah pemanas air yang menggunakan listrik sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan panasnya. Listrik ini diambil dari sumber energi listrik rumah yang biasa tersambung ke water heater. Terdapat dua macam water heater jenis listrik, yaitu water heater yang menggunakan tangki air dan tanpa menggunakan tangki air.

Water heater yang tidak menggunakan tanki air biasanya memiliki temperatur air yang tidak konsisten. Hal itu berpengaruh saat Anda mandi dalam waktu yang cukup lama sehingga airnya akan lebih cepat dingin. Pemanas air tanpa tanki ini memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pemanas air yang memiliki tanki.

Pemanas air dengan tangki dapat memiliki temperatur yang lebih stabil sehingga cukup baik dalam menyimpan air panas. Dengan begitu, jika menggunakan pemanas air dengan tangki, Anda dapat lebih lama menikmati air panas saat mandi karena panasnya tetap terjaga. Harga water heater listrik sangat beragam, tergantung dari jenisnya, ukuran tanki, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang berminat untuk membeli water heater listrik, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan water heater listrik terlebih dahulu.

Baca Juga  13 Desain Tempat Cuci Piring dan Kompor, Bikin Dapur Rapi dan Menawan!

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Listrik

kelebihan dan kekurangan water heater listrik

Setelah mengetahui jenis-jenis water heater, tentunya penting untuk membahas kelebihan dan kekurangan water heater listrik, water heater gas, dan juga solar water heater. Kelebihan dan kekurangan water heater listrik perlu Anda ketahui untuk mendapatkan gambaran sebelum membeli water heater listrik. Yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan water heater listrik di bawah ini.

Kelebihan Water Heater Listrik

  • Penggunaannya lebih praktis dibandingkan dengan jenis water heater yang lain.
  • Tidak bergantung pada cuaca panas atau pun cuaca mendung.
  • Tidak repot mengganti gas karena sumber energi dari water heater jenis ini adalah listrik.
  • Panas air yang dihasilkan lebih stabil tanpa gangguan.

Kekurangan Water Heater Listrik

water heater listrik
source: idealhome.co.uk
  • Boros listrik karena untuk menjaga suhu cadangan air panas tetap cukup panas, maka pemanas air akan hidup untuk memanaskannya dengan energi dari listrik.
  • Ketersediaan air panas cukup terbatas, tergantung pada tanki air yang Anda gunakan.

Seperti itulah kelebihan dan kekurangan water heater listrik. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan water heater listrik, apakah Anda sudah lebih mantap untuk membelinya?

Dapatkan water heater berkualitas dengan berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami. Untuk pemasangan, Anda bisa menggunakan jasa dari Qhome Service Center. Qhome Service Center juga dapat membantu Anda untuk memperbaiki kerusakan water heater, memasang bathtub, memasang dan memperbaiki pompa air, dan masih banyak lagi.

5/5 - (7 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini