Tips & Trick

Perhatikan 5 Hal Ini Untuk Membuat Dapur Mini

Memiliki dapur mini nan cantik dengan segala kelengkapannya menjadi impian banyak pemiliki rumah, terutama yang hobi menggunakan dapur untuk aktivitas seperti memasak maupun kumpul bersama keluarga.

Dapur minimalis tapi lengkap memang dibutuhkan dalam sebuah rumah karena dapur merupakan salah satu bagian penting dalam rumah. Tanpa dapur yang menarik dan kurang bersih dapat mempengaruhi mood untuk memasak dan menggunakan dapur sebagai tempat beraktivitas.

Niat hati ingin menyulap dapur menjadi minimalis, lalu kaget ketika melihat harga kitchen set yang cukup mahal di luar sana. Padahal membuat dapur minimalis yang cantik dan menarik tidak hanya bergantung pada kitchen set yang mahal-mahal begitu, lho.

Kamu bisa memiliki dapur minimalis impianmu dengan beberapa hal sederhana namun seringkali dilupakan. Kitchen set yang mahal bukan segalanya, melainkan bagaimana kamu bisa mengatur dan mencocokan dapurmu dengan kondisi rumahmu secara keseluruhan.

 Nah, untuk kamu yang ingin memiliki dapur mini yang menarik, perhatikan 5 hal ini untuk membuat dapur mini sesuai impianmu.

Gunakan kombinasi maksimal tiga warna saja

dapur mini 3 warna
via bhg.com

Terkadang masalah yang menyebabkan dapur tidak terlihat minimalis pada dapur mini  adalah pemilihan kombinasi warna pada kitchen set yang terlalu beragam. Hal tersebut menjadikan dapur terlihat ‘berantakan’ dan tidak minimalis meskipun sudah ditata rapi.

Baca Juga  6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

Warna memiliki peran penting untuk membuat kesan dapur mini yang keren dan minimalis. Sekedar saran, gunakan kombinasi maksimal tiga warna saja serta warna-warna tersebut harus cocok dan senada.

Misalnya table top atau alas tempat meracik makanan warnanya putih, maka pilihlah lemari kabinet yang warnanya cocok seperti motif kayu atau warna-warna monokrom lainnya yang cocok, serta perhatikan juga warna dinding tempat dapurmu berada apakah sesuai dengan warna table top dan lemari cabinet yang kamu miliki.

Pilih warna yang membuat dapur terlihat bersih

dapur bersih
via pinterest

Memilih tiga warna saja tidak cukup untuk mewujudkan dapur mini dan minimalis impianmu. Kamu juga perlu memperhatikan warna apa yang kamu pilih untuk menghias dapur di rumahmu.

Hindari memilih keramik bermotif batik, motif bunga-bunga yang ramai atau bebatuan jika ingin membuat dapur minimalis. Coba pilihlah warna yang monokrom seperti hitam, putih abu-abu, atau krem pada dapurmu.

Usahakan untuk memilih warna yang terang pada bagian table top agar terlihat lebih bersih dan tidak memberikan kesan gelap pada dapur minimalismu.

Namun jika ingin memilih warna yang gelap pun tetap bisa kok, yang terpenting adalah bagaimana kamu bermain warna dengan benda-benda lain di dapurmu.

Tata dan rapikan kitchen utensil sesuai ukuran dan jenisnya

utensil dapur mini
via thedailymeal.com

Meski dapurmu punya warna yang sempurna, tapi kalau berantakan dan penataanya tidak karuan akan jadi kurang menarik. Coba, deh rapikan peralatan dapurmu dengan baik seperti memisahkan mana yang alat masak dan mana yang alat makan.

Baca Juga  9 Alat Bakery Yang Wajib Ada (Untuk Usaha/Perseorangan)

Kamu juga bisa memanfaatkan lemari cabinet yang kamu pasang di dapurmu untuk menyimpan peralatan dapur selain menyimpan bumbu-bumbu dapur.

Kalau suka menghias dapur, bisa juga dengan menggantung peralatan dapur seperti wajan, panci, dan koleksi pisau di dinding dapur dengan penataan dari yang paling besar ke paling kecil.

Dengan merapikan kitchen utensilmu dengan baik, dapur bisa terlihat lebih minimalis dan enak dipandang tentunya.

Beri penerangan yang cukup

dapur kecil sentuhan lampu
via pinterest

Hal lain yang tidak kalah penting ketika membuat dapur mini nan minimalis adalah adanya penerangan yang cukup. Pastikan dapurmu tidak gelap atau remang-remang.

Selain tidak enak dipandang, dapur yang kurang penerangan dari lampu maupun alami dari sinar matahari rupanya kurang sehat. Apalagi dapur adalah tempatnya makanan dan ada banyak bakteri juga. Jika tidak terpapar cahaya dengan cukup, tentu kurang baik bagi kesehatan.

Selain itu, dapur yang nampak terang akan menambah estetika dan tentu lebih berkesan minimalis. Sekarang juga terdapat banyak pilihan lampu dekorasi yang berbentuk unik namun cukup terang untuk dapurmu. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk dapur mini yang gelap dan kurang menarik.

Rutin bersihkan dapur

ruangan dapur bersih
via pinterest

Untuk punya dapur mini dan minimalis nan cantik tidak bisa hanya membeli furniture ini dan itu atau dekorasi ini dan itu. Kamu juga perlu merawat dan membersihkan dengan rutin agar dapur tetap terlihat bersih.

Baca Juga  8 Waffle Maker Terbaik Beserta Harganya

Buang barang-barang yang sudah tidak digunakan seperti karton bekas kemasan, kemasan bumbu yang sudah habis, serta benda-benda kurang penting yang hanya membuat dapur terlihat penuh.

Jangan lupa juga untuk melakukan general cleaning rutin seperti mengepel lantai dapur dan mengelap table top dan kompor setelah digunakan dengan cairan pembersih.

Menjaga kebersihan dapur selain dapat membuat dapurmu tetap terlihat keren dan minimalis, tentu juga menjaga perabotan dapurmu menjadi lebih awet.

Nah, sekarang apakah kamu siap untuk punya dapur mini dan minimalis impianmu?

cek juga harga kompor dapur lainnya DISINI , jangan ragu – ragu untuk konsultasi secara GRATIS dengan kami mengenai dapur dengan klik tautan whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini