Menyulap Penataan Ruangan Kecil Agar Terlihat Besar

Penataan ruangan tidak bisa dilakukan sembarangan lho. Pasalnya , tidak semua orang bisa tinggal di ruangan yang luas ataupun punya banyak space untuk kenyamanan. Simak penjelasan bagaimana menata ruangan kecil terlihat luas di penjelasan berikut.

Bagi anda yang tinggal di rumah kecil ataupun lingkungan perkotaan, yang notabene lahan menjadi salah satu kendala yang sulit atau terbatas didapat, pasti sudah akrab dengan yang namanya ruangan sempit. Pada kondisi ini , mungkin anda kesulitan untuk mencari cara penataan ruangan terbaik untuk membuat ruangan yang sempit dapat “terlihat” lebih lebar , terutama tanpa anda benar – benar merobahkan dinding dan berakhir dengan hamparan tanah kosong.

Tanpa mengambil langkah – langkah yang “ekstrem” seperti itu , ada banyak cara lho untuk anda mengelabui mata guna membuat kamar ataupun ruangan dapat terlihat lebih besar dan lebih lebar , tanpa perlu anda meninggalkan semua barang dekorasi favorit keluar dari rumah. Maka dari itu, diperlukan kecerdikan untuk menata ruang yang bukan sekedar “menata” saja , namun juga memaksimalkan ruangan walaupun kecil.

Maka dari itu , disini akan dibahas beberapa trik yang membantu ruangan ataupun kamar dapat setidaknya terlihat jauh lebih besar.

Table of Contents

8 Trick Penataan Ruangan Kecil Agar Terlihat Besar

penataan ruangan
penataan ruangan via: unsplash

Nah, berikut beberapa pembahasan tentang bagaiman penataan ruangan kecil supaya terlihat lebih besar. Di lansir dari estilo living , berikut beberapa cara mujarabnya untuk anda

Punya Furnitur Berwarna Sama Dengan Tembok

Memadukan warna yang sepadan , secara visual dapat menarik kembali dinding anda serta memperluas nuansa ruangan. Ketika anda memakai warna putih, akan lebih baik memakai warna furnitur seperti kursi , meja hingga beberapa aksesoris tambahan seperti karpet berwarna putih juga , pun berlaku juga untuk warna sebaliknya. Daripada merenovasi ulang ruangan, yang mana membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula, memakai warna yang sepadan adalah solusinya

Menggunakan Wallpaper

Penataan ruangan tamu minimalis memakai wallpaper jadi cara lain yang bagus untuk membuat ruangan kecil tampak terlihat besar. Tapi bukan untuk satu bagian dinding saja, caranya ialah pasang wallpaper dan pasang pola wallpaper tersebut secara memanjang dari satu area dinding ke dinding lain (tanpa terpisah).

Hal ini dapat “menipu” mata guna melihat dua sisi dinding sebagai satu permukaan. Semakin rumit pola yang dipakai, semakin sulit pula untuk mengetahui dimana satu dinding berakhir dan yang lain dimulai

Tambahkan Kaca

penataan ruangan dengan kaca
via idealhome.co.uk

Penataan ruangan rumah minimalis selanjutnya bisa dipakai dengan memakai kaca. Material satu ini memberi tampilan yang menarik untuk anda pakai di beberapa area ruangan seperti pojok , tempelkan dinding, jangan lupa pula memperhatikan bentuk kaca serta ukurannya, karena faktor ini juga pengaruh pada desain.

Baca Juga  8 Desain Ruang Tamu Minimalis Elegan Yang Simpel di Terapkan

Cermin bukan saja menambah kedalaman ruang , namun juga bentuk yang tepat serta desain yang apik. Hal ini sekaligus menambah karakter ke bagian dinding juga dari segi gaya ruangan itu sendiri.

Multifungsional Furniture Serta Penyimpanan Tersembunyi

Mengingat area ruangan tidak begitu besar , jenis furniture sangat menentukan bagaimana ruangan dapat lebih maksimal pada segi penataan ruangan. Furniture yang multifungsi dapat menghemat tempat. Ibaratnya 3 barang furniture dalam bentuk satu barang , jika dihitung anda bisa menghemat ruang sebanyak 2 jumlah barang bukan? Nah , ini lah pentingnya jenis furniture yang multifungsi. Hal ini juga berlaku untuk lemari penyimpanan tersembunyi (hidden storage).

Minimalkan Pemakaian Barang

Cara terbaik untuk penataan ruangan ini tentu saja meminimalkan pemakaian barang pada kamar maupun ruangan. Jika ruangan memang kecil, di kondisi tertentu mau tidak mau anda perlu mengurangi barang – barang tertentu ataupun yang sifatnya sekunder. Ini cara paling simpel namun juga berkonsekuensi untuk kehilangan beberapa fungsi barang. Cara ini bisa dipakai ketika semua cara sudah dipakai.

Memasang Rak Dinding

hiasan dinding dari kayu rak
penataan ruangan memakain rak dinding via: unsplash

Pada dasarnya, memasang rak dinding yang mengambang (dipasang menempel dinding) akan membebaskan area lantai dari ruang furniture. Seperti misalnya area tempat tidur yang tidak begitu banyak ruang untuk berjalan , memasang rak dinding dapat menghemat area kamar , itu kemudian dapat dimanfaatkan penempatan beberapa barang lain.

Baca Juga  Teknik Menata Ruang Tamu Untuk Hunian Anda

Tidak hanya segi penghematan ruang, rak dinding mengambang juga menambah sisi estetika ruangan lebih baik. Ini menjadi unik jika anda tambah beberapa barang aksesoris sebagai unsur pemanisnya. Baik seperti hiasan berukuran kecil , koleksi hobi ataupun beberapa barang lain yang sesuai dengan ukurannya.

Penggunaan Furnitur Bening

Ini seperti pada poin ketiga , dimana pemakaian kaca dapat membantu penataan ruangan yang kecil terlihat lebih besar. Bedanya, unsur kaca dipakai pada keseluruhan furniture atau dengan kata lain bahan material utamanya. Ini mungkin tidak cocok untuk semua tipe , namun membawa tampilan simpel dalam semua settingan gaya simpel maupun abstrak.

Cek juga harga jenis furniture lainnnya DISINI.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini